6 Negara Paling Dingin di Dunia, Siapa Urutan Pertama?

 


Melihat kondisi udara yang saat ini sangat sejuk bahkan terbilang dingin, pernah kamu berpikir negara apa saja yang memiliki suhu udara yang sangat dingin bahkan kurang dari 0 derajat celcius?

Beruntungnya kita berada di wilayah negara tropis yang hanya memiliki 2 musim dan cenderung mempunyai suhu 25-30 derajat celcius saja. Namun, ada banyak sekali negara di luar sana yang memiliki 4 musim salah satunya adalah musim salju yang memiliki suhu di bawah 0 derajat. Meski dingin, musim salju memiliki daya tarik untuk dipotret menggunakan Kamera DSLR terbaik.

Nah, di bawah ini kami akan memberikan daftar negara dengan suhu udara paling dingin yang mungkin membayangkannya saja membuat kamu menggigil. Negara apa sajakah itu? Berikut kami berikan daftarnya untuk kamu ketahui.

1. Rusia

Rusia menjadi negara dengan suhu paling dingin yang ada pada kategori ini. Negara ini pernah memiliki suhu paling rendah, yakni -67,7 derajat tepat di wilayah Oymyakon.

Oymyakon sendiri adalah daerah yang berada di distrik Republik Sakha, Rusia dan menjadi salah satu daerah terpencil di negara maju ini. Daerah ini memiliki sifat dingin permanen dan menjadi sangat ekstrem bila berad di musim dingin. Saking ektremnya, masyarakat sangat kesulitan menggunakan HP kamera terbaik karena baterainya akan membeku karena suhu terlalu dingin.

2. Greenland

Selanjutnya adalah greenland. Negara kepulauan yang letaknya di Samudra Atlantik Utara ini memiliki suhu terendah akni -66,1 derajat celcius pada tahun 1954.

Suhu tersebut menjadi suhu paling dingin kedua di dunia setelah Oymyakon, Rusia. Tentu suhu ini sangat berbanding terbalik dengan namanya yang bermakna ladang hijau.

3. Kanada

Negara selanjutnya yang memiliki suhu paling dingin di dunia adalah Kanada. Kanada sendiri terletak di benua Amerika Utara dan memiliki 10 provinsi serta 3 wilayah ibu kota.

Pada tahun 1947, Kanada tercatat pernah memiliki suhu terdingin yakni -63 derajata celcius dan merupakan negara ketiga dengan suhu terdingin di dunia. Negara yang setiap tahunnya di turuni salju ini juga menjadi salah satu negara terpadat di dunia.

4. Amerika Serikat

Jika membahas negara paling dingin, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan Amerika Serikat. Negara ini pernah memiliki suhu -62,2 derajat celcius pada taun 1971, tepatnya di tanggal 23 Januari. Bahkan HP Samsung terbaru akan kesulitan untuk digunakan kala itu.

Wilayah yang memiliki suhu paling dingin saat itu adalah Prospect Creek Camp yang dekat dengan lingkaran Arktik yang berada di Alaska.

5. China

Siapa sangka jika China menjadi salah satu negara dengan suhu paling dingin di dunia saat ini. Negara ini pernah memiliki suhu -58 derajat celcius tepatnya di daerah Genhe Mongolia pada 31 Desember 2009.

6. Mongolia

Negara paling dingin di dunia selanjutnya yaitu negara Mongolia. Negara ini berada di kawasan Asia bagian Timur. Mongolia ini berbatasan dengan Rusia di bagian utaranya dan berbatasan dengan China di bagian Selatan. Suhu terendah yang pernah dimiliki oleh negara ini yaitu mencapai -55,3 derajat Celcius pada Desember tahun 1976.

Itulah negara paling dingin di dunia yang wajib kamu ketahui untuk menambah wawasan kamu. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat membaca!

Posting Komentar

0 Komentar