Jumat, 26 Agustus 2022

7 Keajaiban Dunia Baru Yang Harus Kamu Ketahui

 

Pencetus awal daftar tujuh keajaiban dunia adalah  Antipater Sidon, seorang pelancong asal Yunani yang membuat daftar struktur dalam sebuah puisi. Sekitar 140 SM. Tujuh Keajaiban Dunia ini kebanyakan menunjuk ke Tujuh Keajaiban Dunia  Kuno.

Ketujuh keajaiban dunia yang dimaksudkan dalam tulisan Antipater adalah Taman tergantung Babilonia, Patung Zeus di Olympia, Piramida Mesir, Mausoleum Halicarnassu, Kuil Artemis di Zeus, Yunani, Colossus dari Rhodes dan Pharos dari Alexandria.

Catatan tersebut akhirnya menjadi terkenal dan menimbulkan rasa ingin tahu penduduk dunia. Berawal dari sanalah akhirnya muncul budaya untuk menentukan tujuh keajaiban dunia.

Tujuh keajaiban dunia merupakan tempat bersejarah kuno yang menjadi warisan dunia. pada tahun 2007, sebuah organisasi yang berpusat di Zurich, Swiss “7 Wonders Foundation”. Sekitar 100 juta koresponden dari seluruh dunia menyetujui untuk memperbaruhi 7 keajaiban dunia baru. Jutaan orang tersebut menyatakan keajaiban berikut ini lebih layak daripada yang lain. Tidak mengherankan, dari daftar tersebut merupakan situs warisan Dunia UNESCO.

 

1. Tembok Besar, Tiongkok


Tembok Besar atau Tembok Raksasa Tiongkok  juga dikenal dengan nama Tembok Sepanjang 10.000 Li . Tembok yang termasuk keajaiban dunia ini merupakan banguna terpanjang yang pernah diciptakan manusia  di Tiongkok.

Tembok besar ini sebenarnya dibangun pada waktu yang berbeda. Tembok yang lebih tua berasal dari 700 SM, dan bagian bagian ini menunjukan usia mereka hingga hari ini.

Sementara itu bagian tembok yang terasa lebih baru, dibangun pada masa Dinasti Ming ketika bangsa tiongkok berperang dengan orang orang Mongolia. Ada bagian penting tembok yaitu tembok pelindung, tembok bercelah untuk mengintai, dan tembok melengkung sebagai jalan masuk ke dalam tembok.


2. Taj Mahal, India


Taj Mahal adalah sebuah monumen berbahan dasar marmer putih yang merupakan simbol cinta seorang Kaisar Mughal Shah Jahan kepada mendiang istrinya, Mumtaz Mahal, yang pada saat itu melahirkan anak ke 14 mereka. Namun meninggal saat setelah melahirkan.

Bangunan ini berbahan dasar marmer putih dan menampilkan batu semimulia. Bagian kuba besar dan dikeliling empat kubah kecil. Bangunan Taj Mahal mulai dibangun  pada tahun 1631 dan selesai pada tahun 1648. Bangunan ini berlokasi di Agra negara bagian Uttar Pradesh, India.


3. Colosseum, Italia

Colosseum atau koloseum merupakan salah satu keajaiban  dunia yang terletak di kota kecil di Italia, Roma. Bangunan ini dibangun pada masa pemerintahan Vespasian pada tahun 72 M dan terselesaikan oleh anaknya Titua pada tahun 80 M. Colosseum dahulu digunakan sebagai pertarungan arena gladiator.


4. Patung Kristus Penebus (Cristo Redentor), Brasil

Patung Kristus Penebus (bahasa Portugis: Cristo Redentor)  merupakan patung Yesus kristus terbesar yang terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Patung ini memiliki ketinggian hingga 38 meter dan terletak dipuncak dari Gunung Corcovado yang tingginya 710 m diTaman Nasional Hutan Tijuca. Patung ini dirancang oleh Carlos Oswald dan Paul Landowski proses pembuatan patung dilakukan dari tahun 1926.


5. Chichen Itza, Meksiko


Chichen Itza merupakan bangunan kuno yang terletak di semenanjung Yucatan, Meksiko. Bangunan ini dibentuk oleh suku Maya pada abad ke 9 dan 10 masehi.

Tempat ini digunakan sebagai  persembahan saat kekeringan melanda. Penyebab karean semenanjung Yukatan tidak memiliki sungai. Kemudian bangunan ini berkembang sebagi pusat ekonomi dan politik bangsa Maya. Chichen Itza merupakan simbol pemujaan dan ilmu pengetahuan.


6. Petra, Jordania


Petra merupakan salah satu keajaiban dunia yang dibangun awal tahun 312 SM yang terletak di tengah Teluk Aqaba dan Laut Mati. Bangunan ini menjadi simbol Yordania ketinggainnya mencapai kurang lebih 800 hingga 1.396 meter diatas permukaan laut.

7. Machu Picchu, Peru

Machu Picchu merupakan bangunan yang ditemukan tahun 1991 oleh Hiram Hiram Bingham. Machu Picchu merupakan lokasi reruntuhan yang berada di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Nah itulah 7 keajaiban dunia baru yang merupakan situs warisan Dunia UNESCO. Tertarik untuk mengunjungi.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...