Kamis, 07 Juli 2022

5 Daftar Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia


Tren minum kopi tampaknya kini semakin naik daun. Kebiasaan ini tentunya membawa berkah bagi negara-negara produsen kopi. Di Indonesia sendiri, saat ini telah menjamur berbagai coffe shop dengan berbagai variasi dan cara pengolahannya.

Meskipun ada banyak negara penghasil kopi di penjuru dunia, tentunya tak semua hasil panen tersebut menghasilkan kopi yang enak. Untuk menghasilkan kopi berkualitas, iklim dan suaca di negara tersebut tentunya harus mendukung.

Tanaman kopi bisa tumbuh di kawasan beriklim tropis dengan letak antara 20° LU/LS. Berikut ini 5 deretan negara penghasil kopi terbesar di dunia, antara lain:

1. Brazil

Brazil menduduki posisi pertama sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Sejak awal abad ke-18, kopi telah menjadi komoditas unggulan negara ini, bahkan hingga saat ini. Setidaknya 300.000 bibit tanaman kopi tumbuh di atas lahan seluas 2.600.000 ha.

Kebanyakan perkebunan kopi di Brazil terletak di Sao Paulo, Minas Gerais, dan Parana. Tiga negara bagian ini memiliki suhu ideal dan bagus untuk budidaya tanaman kopi. Menurut Dinas Pertanian Luar Negeri, kopi Arabika merupakan jenis kopi yang banyak dihasilkan oleh negara ini, dengan jumlah panen mencapai 3,05 juta ton kopi pada tahun 2017-2018.

Jumlah ini yang membuat negara Brazil sebagai penghasil kopi terbesar dan mampu menguasai sekitar 30% pasar kopi di dunia.

2. Vietnam

Vietnam merupakan negara baru dalam dunia perdagangan kopi global. Meski begitu, negara ini sudah bisa menjadi negara penghasil kopi terbesar kedua di dunia. Awalnya, tanaman kopi tumbuh di Vietnam ketika bangsa Prancis menjajah di abad ke-19.

Setelah berakhirnya perang tahun 1975, produksi kopi di Vietnam kian berkembang pesat. Perkebunan kopi di negara ini hanya terfokus pada kopi jenis robusta saja dengan jumlah panen yang diperoleh pada tahun 2017-2018 mencapai 1,76 juta ton.

3. Kolombia

Kolombia menduduki posisi ke tiga sebagai produsen kopi terbesar di Indonesia. Tanaman kopi telah dibudidayakan di negara ini sejak tahun 1790. Namun, baru bisa mengekspor di tahun 1835, dan hinga saat ini, kopi merupakan sumper pendapatan penting di Kolombia. Tahun 2016, produksi biji kopi di Kolombia mencapai 810.000 ton.

4. Indonesia

Lokasi Indonesia yang cukup strategis serta iklim tropis menjadikan negara ini sebagai tempat yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman kopi. Jumlah produksi kopi di Indonesia tahun 2017-2018 mencapai 636.000 ton. Jumlah tersebut diperoleh dari lahan perkebunan seluas 1 juta ha.

Beberapa daerah penghasil kopi di Indonesia antara lain Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, serta Papua. Salah satu jenis kopi asal Indonesia yang terkenal yakni kopi luwak. Kopi luwak banyak diburu oleh para petani karena diyakini sebagai biji kopi terbaik.

5. Honduras

Jumlah produksi kopi di negara Honduras mencapai 450.000 ton dalam sekali panen. Berdasarkan data International Coffee Organization, jenis kopi yang paling banyak dibudidayakan di negara ini yaitu kopi Arabika. Namun, di tahun 2018 ditemukan empat jenis hama yang menyerang daun kopi di Honduras.

Hal tersebut menjadi peringatan bagi petani kopi di negara ini, mengingat petani di Honduras tidak memiliki modal yang banyak untuk mencegah wabah hama semakin berkembang.

Itulah 5 negara penghasil kopi terbesar di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi seluruh pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...