Deretan Laut Terdalam yang Ada di Dunia, Indonesia juga Termasuk Loh!

 


Berbicara atau membahas tentang laut memang tak ada habisnya. Pasalnya, laut sendiri banyak menyimpan misteri yang menarik untuk dikulik dan diketahui, salah satunya tentang kedalaman laut yang ada di berbagai belahan dunia.

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar permukaan bumi didominasi oleh perairan, yakni sebesar 70,9 persen. Perairan tersebut di antaranya meliputi samudra, laut, sungai, danau, sungai, teluk, dan waduk.  Wilayah perairan paling luas adalah samudra dan laut yang mencakup sekitar 335,3 juta kilometer persegi, atau sekitar 65 persen dari total luas bumi.

Samudra dan laut memiliki kedalaman rata-rata 3.688 meter. Kedalaman samudra dan laut yang ekstrem merupakan hasil dari pergerakan dua lempeng tektonik yang saling bertabrakan, kemudian turun ke mantel bumi.

Akan tetapi, tidak semua laut memiliki kedalama yang sama. Berikut ini kami akan menyajikan informasi seputar laut terdalam yang ada di dunia.

Deretan Laut Terdalam yang Ada di Duniaikan

1. Palung Laut Mariana, Laut Pasifik


Samudera Pasifik menjadi lautan paling dalam di dunia sekitar 4.280 meter. Titik terdalam mencapai 11.034 meter di Palung Mariana yang berada di Samudera Hindia. Titik terdalam ini lebih tinggi daripada gunung Everest setinggi 8.848 meter. Palung Mariana terbentuk dari pertemuan antar lempeng, sehingga membentuk cekungan dalam di dasar laut.

Palung ini berada di Samudera Pasifik dan bagian timur Pulau Mariana. Kedalaman palung ini membuat tekanan air lebih berat sekitar 8 ton per inci persegi. Jika dibandingkan, tekanan palung sama dengan 50 unit pesawat jet terbesar di dunia. Titik terdalam di permukaan bumi ini terdapat gunung laut, binatang laut yang sudah beradaptasi, belerang cair, dan karbondioksida.

Melansir dari Livescience.com, penjelajah laut James Cameron pernah melakukan ekspedisi. Dia mencapai 10.898 meter di dalam Palung Mariana.

2. Samudera Hindia


Rata-rata kedalaman Samudera Hindia sekitar 3.741 meter, sehingga masuk kategori laut terdalam di dunia. Luas laut India berada di Samudera Hindia yang mencakup 20 % dari total permukaan bumi.

Samudera Hindia berada di 16 negara Afrika dan 18 negara Asia, salah satunya Indonesia. Titik terdalam samudera ini adalah 7.528 meter yang berada di Palung Jawa, di Indonesia. Palung Jawa menjadi palung terdalam di Indonesia. Palung ini berada 490 km di wilayah lepas pantai antara Pulau Jawa dan Sumatera.

3. Palung Tonga


Palung Tonga adalah palung laut terdalam di dunia yang kedua, setelah Palung Mariana. Palung Tonga terletak di sebelah barat daya wilayah Samudra Pasifik dan merupakan parit terdalam di bagian bumi selatan dengan panjangnya kurang lebih 1.375 kilometer yang membentuk batas timur pungguh Bukti Tonga.

Kemudian, Palung Tonga ini mempunyai kedalaman dengan rata-rata 6.000 meter atau setara 20.000 kaki dan lebarnya kurang lebih 80 kilometer atau 50 mil. Bagian terdalam dari palung ini memiliki istilah yang disebut sebagai Deep Horizon atau lubang horison dengan kedalaman maksimumnya mencapai 10.882 meter di bawah permukaan laut atau setara dengan 35.702 kaki.

Bagian terdalam Palung Tonga atau Deep Horizon Ini, ditemukan pertama kali pada Desember tahun 1952. Hal menariknya adalah Palung Laut Tonga ini mempunyai keanekaragaman biota laut dan biodiversitas, seperti hewan cacing laut yang melimpah ruah.

4. Laut Puerto Rico, Samudra Atlantik


Laut terdalam di dunia berikutnya, yaitu laut Puerto Rico yang letaknya berada di perbatasan Laut Karibia dengan Samudra Atlantik. Bagian paritnya mempunyai panjang sekitar 800 kilometer, sedangkan palungnya sendiri berkedalaman kurang lebih 8.376 meter di bawah permukaan laut.

Berdasar pada studi ilmiah yang telah dilakukan, apabila terjadi gempa bumi di sepanjang zona patahan ini, dapat mendatangkan tsunami yang merusak juga signifikan. Sebagai contohnya, yaitu gempa bumi San Fermin yang telah terjadi pada 11 Oktober tahun 1918 lalu, mengakibatkan tsunami dahsyat yang merusak.

Kemudian, karena laut Puerto Rico merupakan salah satu laut terdalam di dunia, ia mendapati berbagai perhatian dari para peneliti. Para peneliti itu mencoba untuk mencari-cari tahu terkait makhluk yang bertahan hidup di laut dalam dan dampak berbagai aktivitas kehidupan manusia terhadap laut.

5. Palung Filipina atau Palung Mindanao


Palung Filipina atau yang memiliki nama lain palung Mindanao ini, merupakan sebuah parit di bawah laut bagian timur Filipina dan di sebelah barat Samudra Pasifik. Palung Filipina ini memiliki panjang 1.320 kilometer dengan lebarnya kurang lebih 30 kilometer. Palung ini diketahui membentang mulai dari pusat pulau Luzon di Filipina sampai ke pulau Halmahera di Maluku Utara.

Tak hanya itu, titik terdalam dari Palung Filipina, yaitu mencapai 10.540 meter di bawah permukaan laut atau sekitar 34.580 kaki, kemudian dikenal pula dengan Jeluk Galathea. Pada kedalam tersebut, dipercaya bawah deuterium, yaitu sebuah isotop hidrogen terletak di dekat bagian terdalam palung dari ventilasi hidrotermal laut dalam, bahkan mempunyai kebutuhan komersial yang terbilang tinggi.

Tidaklah heran, apabila Palung Filipina atau Palung Mindanao ini menjadi salah satu palung laut terbesar di dunia sebab kedalaman maksimumnya pun cukup fantastis, setelah urutan pertamanya Palung Mariana, kemudian Palung Tonga.

Palung ini diperkirakan lebih muda dari 8 atau 9 juta tahun yang lampu. Palung ini terbentuk akibat benturan antara lempeng Zamboanga dan lempeng Palawan. Adapun bagian tengah sesar Filipina terbentuk saat masa Plio-Pleistosen yang diduga sebagai depresi kerak bumi aktif.

Palung ini mencapai salah satu kedalaman terbesar di samudra, merupakan yang ketiga setelah Palung Mariana dan Palung Tonga. Titik terdalamnya dikenal sebagai Jeluk Galathea dan mencapai 10.540 meter (34.580 kaki) atau (5.760 depa).Pada kedalaman ini, diyakini bahwa deuterium, sebuah isotop hidrogen, berada di dekat bagian dasar palung dari ventilasi hidrotermal laut dalam dan memiliki kepentingan komersial tinggi.

Nah, itulah informasi seput laut terdalam yang ada di dunia. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan dan mengurangi rasa penasaranmu terhadap laut terdalam yang ada di dunia.

Posting Komentar

0 Komentar