Jumat, 26 Agustus 2022

Kumpulan Wisata Hutan Terindah di Dunia, Nomor 3 Milik Indonesia!

 


Keberadaan hutan memang membawa dampak yang positif bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi ini. Fungsi utama dari hutan yang ditumbuhi beragam jenis tanaman adalah menyerap karbondioksida dan menggantinya dengan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup.

Namun, selain memiliki manfaat vital bagi makhluk hidup, hutan juga bisa dijadikan rekomendasi destinasi wisata yang bertemakan alam. Sebab, beberapa hutan di dunia banyak juga yang dimaanfaatkan sebagai kawasan wisata lantaran memiliki keindahan dan keberagaman flora dan fauna yang bisa dinikmati para wisatawan.

Berikut ini kami akan menyajikan informasi tentang kumpulan wisata hutan terindah yang ada di dunia. Simak sampai habis ya!

Kumpulan Wisata Hutan Terindah di Dunia

1. Hutan Amazon – Amerika Selatan


Mungkin sebagaian besar masyarakat sudah mengenal tentang hutan ini. Pasalnya, Amazon sendiri sering menjadi latar sebuah film terkenal. Hutan ini merupakan hutan hujan lembab terluas di bumi, yang mencapai 5,5 juta kilometer persegi. Saking luasnya, Amazon terletak di sembilan negara, di mana 60 persen wilayahnya berada di Brasil, Peru, Kolombia, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guayana, Suriname, dan Guyana Prancis.

Dengan luas seperti itu, Amazon menjadi rumah bagi lebih dari 40 ribu spesies tumbuhan dan 1.300 spesies burung, serta ribuan hewan lainnya yang bisa di nikmati atau diteliti oleh para wisatawan.

Selain itu, hutan ini juga bisa dijadikan tempat wisata petualangan bagi Kamu yang hobi menjelajah dan menyusuri hutan untuk melihat keindahan-keindahan yang ada di dalamnya.

2. Black Forest – Jerman


Meski tampak menyeramkan, hutan seluas 7.500 kilometer persegi ini punya keindahan alam yang luar biasa. Terletak di Baden-W├╝rttemberg, panorama Black Forest sangat lengkap, mulai dari pemandangan alam, perkampungan, air terjun, dan kastil.

Penamaan Black Forest sendiri diberikan orang-orang Romawi karena tumbuhan di hutan menghalangi sebagian besar sinar matahari yang masuk. selain itu, hutan ini akan sangat gelap ketika memasuki pukul 2 siang hingga 8 pagi.

3. Tanjung Putting - Indonesia


Berbicara mengenai wisata hutan rasanya kurang lengkap jika kita tidak membahas tentang hutan di Indonesia. Sebab, Indonesia memiliki hutan yang cukup luas dan tersebar di penjuru wilayahnya. Salah satunya Taman Nasional Tanjung Putting yang memiliki keindahan dan keistimewaan tersendiri.

Hutan ini berada di Kalimantan Tengah yang dijuluki sebagai Amazon-nya Indonesia. Wajar jika Tanjung Puting menyandang predikat tersebut, sebab beberapa spesies hewan dan tanaman tinggal di sana.

Salah satu yang menjadi daya tarik pengunjung adalah primatanya, yakni orang utan. Tak hanya orang utan, ada juga spesies lain yang dilindungi seperti burung, reptil, dan ikan. Maka tak heran, taman nasional ini dianggap paling penting di Asia Tenggara.

Sejumlah kegiatan bisa kamu lakukan di sana, mulai dari mengunjungi konservasi orang utan di Camp Leakey hingga menyusuri sungai sembari melihat-lihat ke dalam hutan layaknya di Amazon.

4. Hutan Bambu Sagano – Jepang


Hutan bambu ini adalah salah satu yang paling terkenal dan menjadi tempat wisata favorit di Jepang. Tumbuh di sepanjang pinggiran Kyoto, rumpun bambu berjalur kayu akan memandu Kamu melewati ratusan ribu bambu raksasa yang tumbuh memanjang ke atas.

Selain pesonanya, hutan bambu ini memberikan suara yang unik ketika tertiup angin. Suara bambu tersebut akan terdengar indah bak melodi. Bahkan, suaranya ditetapkan sebagai salah satu dari 100 Soundscapes Jepang.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan kuil yang digunakan untuk berdoa, tempat cendera mata, dan tentunya spot yang Instagramable. Kabar baiknya, Kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk masuk ke kawasan wisata hutan ini.

5. Hutan Hallerbos - Belgia


Hutan seluas 1.360 hektare ini dikenal karena bunga bluebell yang menutupi tanah ketika bermekaran. Sehingga, Hutan Hallerbos terlihat seperti negeri dongeng yang menakjubkan.

Bagi yang ingin mengunjungi Hallerbos, kamu harus tahu waktu yang tepat agar bebarengan dengan mekarnya bunga bluebell. Kamu sebaiknya datang ke sini bulan April, pada Rabu pagi. Bunga bluebell mekar dalam waktu yang singkat dan biasanya terjadi pagi hari.

Nah, itulah informasi seputar kumpulan wisata hutan terindah yang ada di dunia. Bagaimana, sudah memiliki rencana untuk mendatangi salah satunya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...