Daftar Kota Terdingin di Dunia, Suhunya Melebihi -40 derajat celcius!

 

Jika Kamu sering mengeluh bahwa Indonesia memiliki suhu yang sangat panas dan mengiginkan udara yang dingin, mungkin Kamu harus berkunjung ke kota terdingin yang ada di berbagai belahan dunia.

Pasalnya, kota-kota tersebut memiliki suhu dingin yang bahkan melebihi  50 derajat celcius. Dengan suhu tersebut, Kamu tentu tidak perlu khawatir lagi dengan suhu panas yang sering Kamu keluhan. Nah, jika kamu penasaran dimana saja letak kota terdingin di dunia, mari kita bahas hal tersebut hingga tuntas. Simak terus ya!

1. Yakutsk, Rusia


Yakutsk adalah salah satu kota di negara yang sangat besar yaitu Rusia. Kota ini merupakan wilayah yang cukup dekat dengan Kutub Utara.

Terletak di republik Yakutia, kota ini hanya berjarak 450 km dari lingkar luar Kutub Utara. Yakuts memiliki penduduk sebanyak 250.000 jiwa yang sangat kuat hidup dengan suhu rata-rata -42 derajat celsius.

Dengan suhu ekstrem itu, masyarakat Yakutsk jarang mengenakan kacamata di luar ruangan. Sebab, besi pada kacamata bisa menempel pada kulit dan akan sangat sulit untuk dilepaskan lantaran membeku.

Namun, meski hidup dengan suhu yang ekstrem, masyarakat Yakutsk  sangat ramah bagi para wisatawan yang berkunjung kesana.

2. Fairbanks, Amerika Serikat


Kota terdingin selanjutnya adalah Fairbanks yang ada di Amerika Serikat. Kota terdingin ini berlokasi di utara Taman Nasional dan Cagar Alam Denali, Alaska, Amerika Serikat. Suhu rata-rata di kota itu diperkirakan mencapai minus 21 derajat celsius.

Namun begitu, kota ini  menjadi salah satu target kunjungan paling favorit bagi orang-orang yang suka melakukan berbagai kegiatan di alam liar. Kamu bisa juga berkunjung ke kota ini untuk bermain salju.

3. Winnipeg di Kanada


Winnipeg adalah bagian dari negara Kanada. Kota ini merupakan ibu kota dari Negara Bagian Manitoba, Kanada. Bila berkunjung ke kota ini, Kamu akan menemukan padang rumput yang luas tanpa ada penghalang.

Karena itu angin dari Kutub Utara saat musim dingin, bisa bertiup dengan bebas. Pada Januari, suhu rata-rata tempat ini adalah -16 derajat celsius. Namun, orang yang terkena tiupan angin bisa merasakan suhu seperti -40 derajat celsius lantaran angin yang bertiup datang langsung dari Kutub Utara.

4. Irkuts, Rusia


Balik ke Rusia, Irkuts adalah salah satu kota di Rusia dan merupakan salah satu kota industri. Dengan suhu yang cukup dingin, Irkuts tetap dinobatkan sebagai tempat industri terbesar di Siberia, Rusia.

Penduduk sekitar sudah terbiasa menghadapi suhu dingin hingga -18 derajat celsius. Kota ini berlokasi dekat dengan Danau Baikal, yang merupakan danau terdalam di dunia.

Karena menjadi kota industri, cukup banyak orang yang tinggal di kota ini, yaitu 500 ribu jiwa. Bila Kamu ingin bermain seluncur yang menantang, silahkan datang ke kota ini pada musim dingin. Sebab, saat musim dingin, Danau Baikal akan membeku dan bisa menjadi area berseluncur yang menyenangkan. Bahkan tempat itu juga menjadi area berseluncur terbesar di dunia.

5. Ulaanbaatar, Mongolia


Kota terakhir  yang menjadi tempat terdingin adalah Ulaabaantar yang murupakan ibu kota Mongolia. Meski menjadi tempat terdingin, penduduk di kota ini cukup banyak yaitu satu juta jiwa.

Kota ini memiliki suhu rata-rata mencapai -24 derajat celsius. Tidak jauh berbeda dengan Yakutsk, Ulaanbaantar juga menjadi kota yang tidak luput dari kunjungan wisatawan.

Di samping menikmati hawa dingin, para wisatawan bisa berkunjung ke tanam nasional pertama di dunia. Hawa dingin di tempat ini dipengaruhi oleh lokasinya yang ada di 4.400 kaki di atas permukaan laut, yaitu di kaki Gunung Bogd Khan.

Demikianlah daftar kota terdingin di dunia yang bisa Kamu ketahui. Jika Kamu berkunjung ke kota-kota tersebut, sebaiknya persiapkan jaket yang tebal agar tak kedinginan. Semoga bermanfaat!

 

 

Posting Komentar

0 Komentar