Fakta Unik Tentang Pulau Borneo, Kalimantan

 


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.508 pulau yang dihuni lebih dari 360 suku bangsa. Hal ini lah yang memebuat negara ini kaya akan keragaman budaya dan tradisi serta memiliki pemandangan alam yanng sangat Indah.

Salah satu pulau di  Indonsia yang memiliki keragaman  alam dan budata adalah kalimantan. pulau kalimantan atau 

Lalu apa saja yah fakta unik dari pulau ini, Yuk simak ulasan dibawah ini 


1. Salah satu Pulau Terbesar Di Indoneisa, Bahkan Dunia


Selain kaya akan sumber daya alamnya Pulau ini merupakan Pulau terbesar di dunia diurutan ketiga dengan luas wilayahnya 743.330 kkm persegi.

Pulau Kalimantan berada di tengah-tengah Asia Tenggara karena  banyak mendapat pengaruh budaya dan politik dari pulau-pulau sekitarnya. Sekitar tahun 400 pulau Kalimantan telah memasuki zaman sejarah dengan ditemukannya Peninggalan sejarah yakni prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai 

Pulau ini dinamakan Pulau Borneo  karena berasal dari nama kesultanan Brunei, nama ini dulu  dipakai oleh kolonial Inggris dan Belanda untuk menyebut Pulau ini secara keseluruhan.

 

2.  Dikuasai Oleh Tiga Negara Dan DI Juluki Sebagai "Pulau Seribu Kaki"  


Pulau Kalimantan atau pulau Borneo terbagi menjadi tiga wilayah kekuasan yakni Indoensia dengan kekuasaan 73%, Malaysia dengan kekuasaan 26%, dan Brunei 1%. pulau ini juga dijuluki sebagai "Pulau Seribu Kaki". Hal ini karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau tersebut.

 

3. Penduduk Asli Kalimantan





Penduduk asli Kalimantan adalah suku Dayak. Suku ini pernah mendirikan kerajaan nya lalu akhrinyadihancurkan oleh Majapahit. Peristiwa tersebut membuat masyarakat Dayak terpencar keseluruh  Nusantara. Sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi adat istiadat , Hingga kini Suku Dayak masi melestarikan Tradisi upacara tiwah.

4. Sebagai Paru Paru Dunia Terbesar Kedua Dan Tertua di Dunia



Pulau kalimantan memiliki Hutan hujan seluas 88.000.00 hektar. Hal ini membuat pulau tersebut dianggap sebagai paru paru bumi tebesar kedua di dunia setelah Hutan Hujan Amazon di Amerika Selatan. Hutan tersebut juga dikenal sebagai salah satu hutan hujan tropis tertua di dunia yang sudah berumur sekitar 140 juta Tahun.

 

5. Merupakan Ibu Kota Indonesia Yang Baru
 


Potensi yang dimiliki pulau Kalimantan,membuatnya terpilih menjadi  tempat beridirinya ibu kota baru. Ibu kota ini diberi nama Nusantara atau  IKN Nusantara.

Pemilihan ibu kota dilakukan karena sudah mempertimbangkan jumlah kepadatan penduduk, penurunan daya lingkungan yang terjadi di Jakarta.

 

6. Memiliki Wisata Alam Yang Indah


Pulau kalimantan tak kalah indah dibandingkan Bali dan lombok. sebagai pulau terbesar kalimantan memiliki destinasi wisata yang Indah seperti Air Terjun Riam Batu Susun di kalimantan Barat, Danau Tahai di Kalimantan Tengah, Bukit Tangkiling di Kalimantan Tenggah , Taman Wisata Pulau Kembang di kalimantan Selatan, dan banyak lagi.


7.  Terdiri dari  lima Provinsi.


Pulau ini terbagi menjadi beberapa provinsi. Kalimantan Barat menjadi provinsi terluas ke empat setelah Irian Jaya ibu kotanya  adalah Pontianak, Kalimantan Selatan dengan ibu kota Banjarmasin, Kalimantan Timur dengan ibu kota Samarinda, Kalimantan Tengah dengan ibu kota Palangkaraya, dan Kalimantan Utara dengan ibu kota Tanjung Selor.


Nah sobat bloger itulah fakta unik dari Pulau Kalimantan, cukup menarik yah.

 

Posting Komentar

0 Komentar