Jumat, 12 Agustus 2022

Deretan Destinasi Wisata Berbahaya di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumut

 

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, mulai dari laut, sungai, danau, hingga gunung. Saking banyaknya, Kamu mungkin akan bingung memilih satu diantaranya untuk dikunjung.

Namun diantara banyaknya destinasi wisata di Indonesia, beberapa diantaranya cukup berbahaya untuk dikunjungi. Pasalnya, beberapa kejadian yang tidak mengenakkan hingga kejadian fatal pernah terjadi di tempat wisata tersebut.

Bisa Kamu bayangkan, berwisata yang seharusnya jadi momen menyenangkan, bisa berubah jadi hal yang menyeram. Bagaimana, Kamu penasaran dengan sejumlah destinasi wisata berbahaya di Indonesia? Simak penjelasan di bawah ini!

Deretan Destinasi Wisata Berbahaya di Indonesia


1. Pulau Ular di Bima


Pulau yang memiliki luas sekitar 500 m2 dan dipenuhi oleh ratusan ular laut jinak ini terletak di Desa Payi Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, NTB. Pulau ini memang tidak dihuni oleh manusia, hanya ada ular laut yang katanya jika beristirahat tinggal di atas pulau di antara celah – celah bebatuan atau bergelantungan pada tebing terjal.

Pulau yang menjadi habitat bagi ular dengan keunikan warna putih silver dan dikombinasikan hitam mengkilap ini memiliki daya tarik yang unik bagi turis lokal maupun mancanegara. Walaupun ular – ular tersebut terkesan jinak, tetap saja termasuk spesies ular yang sangat beracun. Sehingga perlu berhati – hati apabila ingin mengunjungi tempat ini.

2. Gunung Sinabung di Sumut


Gunung sinabung terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dianggap sebagai tempat wisata paling berbahaya untuk turis karena pasalnya gunung ini selalu erupsi. Menurut catatan, sebenarnya gunung ini tidak pernah meletus sejak tahun 1600.

Namun, pada tahun 2010 mendadak aktif kembali hingga saat ini. Tercatat bahwa letusan terakhir dari gunung ini ialah 19 Februari 2018.

3. Pulau Banyak di Aceh


Pulau Banyak terletak di perairan Aceh Singkil, merupakan salah satu objek wisata yang terkenal. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang mampu menyihir turis lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya.

Tetapi, ternyata tidak semua spot dalam pulau ini aman untuk dilalui. Sebab, ada beberapa spot yang berbahaya, dibuktikan dengan hilangnya 2 turis mancanegara pada akhir tahun 2016. Dugaan yang ada ialah terseret ombak laut atau diterkam oleh buaya air payau.

4. Kawah Ijen di Banyuwangi Jawa Timur


Kawah berwarna hijau yang berada di tengah-tengah Gunung Ijen ini memang indah dan banyak diburu para pendaki. Ketika malam hari, siapa pun bisa melihat bara api biru yang muncul di puncak gunung. Di sana, pengunjung juga bisa menemukan bunga langka bernama edelweis.

Meski di balik keindahannya,  kawah Ijen ini merupakan tempat wisata berbahaya di Indonesia yang harus diwaspadai jika Anda berkunjung kesana. Kawah Ijen yang terdapat di Banyuwangi ini terkenal memiliki kandungan asam paling tinggi di dunia. Terutama timbunan sulfur yang bisa meracuni para pengunjung.

5. Pulau Manyaifun di Raja Ampat


Pulau Manyaifun yang  terletak di Raja Ampat ini memiliki keindahan alam yang menawan dan mempesona. Namun siapa sangka dibalik keindahan itu ternyata Raja Ampat terbilang sedikit berbahaya.

Hal ini dikarenakan perairan Raja Ampat memiliki titik-titik tertentu yang penuh predator dari buaya hingga hiu. Salah satu spotnya adalah Pulau Manyaifun yang merupakan tempat terakhir bagi seorang traveller asal Rusia bertemu ajalnya.

Turis ini ditemukan meninggal pada pertengahan 2016. Kuat dugaan bahwa turis itu diserang oleh buaya dengan bukti adanya bagian tubuh yang luka dan hilang. Itu sebabnya disarankan bagi para turis untuk berwisata dengan didampingi oleh tour guide agar lebih aman.

6. Pantai Selatan Jawa


Meskipun terkenal akan keindahannya, pantai-pantai di daerah selatan pulau Jawa juga tergolong berbahaya. Pantai tersebut sudah banyak memakan korban. Bukan hanya soal mitos atau hal magis belaka, tetapi secara penjelasan ilmiah pun bahaya dari pantai selatan telah dipaparkan.

Pesisir pantai selatan memiliki karakter ombak laut yang berenergi tinggi dan besar dikarenakan berbatasan langsung dengan samudera lepas. Terlebih di musim tertentu dapat menimbulkan ombak besar.

Demikianlah informasi seputar detinasi wisata berbahaya yang ada di Indonesia yang perlu Kamu ketahui. Meski berbahaya, destinasi wisata diatas masih diperbolehkan untuk  di Kunjungi oleh wisatawan. Namun jika Kamu tertarik datang kesana, sebaiknya lebih berhati-hati dan selalu mengikuti petunjuk atau peraturan yang ada. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...