Fakta Unik Jakarta, Ibukota Indonesia dengan Sejuta Daya Tarik

 

Jakarta adalah Ibukota Indonesia yang menyediakan banyak sekali keunikan untuk dijelajahi oleh masyarakat luas. Salah satu kota terbesar di Indonesia ini juga memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi banyak orang.

Lalu, apa saja sebenarnya fakta unik yang dimiliki oleh Jakarta? Nah, di bawah ini kami akan memberikan fakta unik Jakarta yang mungkin belum kamu ketahui hingga saat ini.

Fakta unik di bawah ini juga mungkin dapat menambah wawasan kamu mengenai kota Jakarta. Penasaran dengan hal itu? Berikut kami berikan ulasannya untuk kamu ketahui.

Memiliki Stadion Terbesar ke-7 di Dunia

Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah stadion berstandar internasional yang ada di Jakarta dan terletak di jantung kota Jakarta, tepatnya Jalan Pintu Senayan, Kecamatan tanah Abang, Kota Jakarta Pusat. Lokasi stadion terbesar di Indonesia ini menduduki peringkat 7 di dunia dengan kapasitasnya melebihi 88 ribu orang dengan luas mencapai lebih dari 65 meter persegi.

Pusat Grosir Terbesar Se-Asia Tenggara

Siapa yang tidak tahu Pusat Grosir Tanah Abang? Pusat grosir yang terkenal ini berada di kawasan Jakarta Pusat ini adalah salah satu pusat grosir terbesar di Asia tenggara. Kawasan belanja ini dibangun pada 30 Agustus 1735 oleh tuan tanah Yustinus Vinck, Pasar Tanah Abang dulunya hanya buka setiap Sabtu. Seiring waktu berlalu, Pasar Tanah Abang menjelma menjadi pusat grosir yang modern, dan mempunyai sedikitnya 10.000 kios yang berjualan.

Jakarta sudah 15 Kali Ganti Nama

Jika dihitung dari tahun 1527, Jakarta sudah 13 kali kota ini berganti nama. Awalnya pada 22 Juni 1527 Jakarta dinamakan Jayakarta. Nama berganti lagi menjadi Stad Batavia pada 1621, Gemeente Batavia (1905), Stad Gemeente Batavia (8 Januari 1953), Jakarta Toko Betsu Shi ketika berada di bawah penjajahan jepang tahun 1945.

Pada Februari 1950 Jakarta kembali dengan nama Stad Gemeente Batavia, kemudian berganti menjadi Kota Praj’a Jakarta (24 Maret 1950), Kota Praja Djakarta Raya (18 Januari 1958), Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya (1961), Jakarta (1964), dan sejak 1999 hingga sekarang masyarakat mengenalnya sebagai Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Kota dengan Jumlah Pencakar Langit Terbanyak

DKI Jakarta menduduki peringkat ke-14 dalam daftar kota dengan gedung pencakar langit terbanyak pada kategori gedung setinggi lebih dari 150 meter. Ada sebanyak 91 gedung yang mengalahkan Kuala Lumpur, Mumbai, Seoul, London, dan kota besar lainnya di dunia. Sementara itu, Jakarta juga memiliki 40 gedung dengan tinggi lebih dari 200 meter.

Kaya akan Museum

Tidak hanya gedung tinggi saja yang banyak ditemui di Jakarta, tapi Aladiners juga bisa menemui cukup banyak museum bersejarah. Museum tersebut tersebar di berbagai penjuru di Kota Jakarta. DKI Jakarta adalah provinsi yang memiliki museum terbanyak, 64 museum.

Itulah fakta unik tentang Jakarta yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat membaca!

Posting Komentar

0 Komentar