Ekowisata Adalah: Manfaat, Ciri Khas serta Jenisnya


Saat ini banyak tempat wisata bertemakan alam di Indonesia yang menjadi favorit masyarakat untuk dikunjungi. Namun sayangnya, beberapa diantaranya masih ada yang belum mengusung prinsip ekowisata dalam pengelolaannya.

Padahal, ekowisata atau (ecotourism) memiliki keunggulan-keunggulan lain jika dibandingkan  dengan jenis wisata lainnya.

Apa Itu Ekowisata?

Ekowisata sendiri adalah salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budayaeko nomi masyarakat lokal, serta aspek pembelajaran dan Pendidikan.

Kemunculan ekowisata ini, sebagi bentuk respons dari adanya dampak negatif pada kegiatan pariwisata konvensional. Bahkan dampak negatif ini bukan hanya dikemukakan dan dibuktikan oleh para ahli lingkungan, tetpai juga para budayawan dan tokoh masyarakat.

Adapun dampak negatif tersebut dapat berupa kerusakan lingkungan, terpengaruhnya budaya lokal secara tidak terkontrol, berkurangnya peran masyarakat setempat dan persaingan bisnis yang mulai mengancam lingkungan, budaya dan ekonomi masyarakat setempat.

Manfaat Ekowisata

Sesuai dengan definisinya, manfaat ekowisata dapat dibagi dalam 3 poin utama, yaitu:

Memberikan pendidikan lingkungan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam, menghormati dan menjaga keberadaan alam, lengkap dengan lingkungan sekelilingnya.

Sebagai kegiatan konservasi alam yang melibatkan partisipasi masyarakat secara materi. Partisipasi masyarakat ini akan digunakan untuk memelihara kelestarian hayati dan mengembangkan keberagaman hayati di wilayah ekowisata.

Kegiatan ekowisata secara tidak langsung akan membutuhkan tenaga masyarakat sekitar untuk menjaga dan mengembangkan potensi dan keragaman hayati. Dengan begitu, kegiatan rekreasi ini sangat berperan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar.

Ciri Khas Ekowisata

Direktorat Jenderal Perlindungan dan Konservasi Alam (2000) sebelumnya telah menerbitkan karakteristik dasar dari kegiatan ekowisata, yang meliputi:

  • Berasal dari alam: destinasi wisata difokuskan pada alam atau lingkungannya, sehingga memiliki nilai jual utama berupa ekosistem yang menjadi acuan pengembangan ekowisata
  • Berkelanjutan secara lingkungan: destinasi wisata diharuskan fokus terhadap kondisi lingkungan agar tetap lestari
  • Environmentally educative: dengan sharing atau diskusi terbuka dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat dan pihak swasta. Harapannya, manusia dapat lebih menjaga lingkungan
  • Bermanfaat bagi masyarakat setempat: salah satu tujuan dari ekosistem wisata bagi masyarakat adalah masyarakat dapat mendapatkan benefit atau multiplier effect dari diberdirikannya suatu ekowisata baru
  • Kepuasan pengunjung: para wisatawan atau pengunjung dapat menikmati pemandangan serta memiliki kesadaran akan alam dan budaya setempat.

Jenis Ekowisata

Kegiatan ekowisata di Indonesia terbagi dalam 5 kategori wisata, meliputi:

  • Ekowisata pemandangan, meliputi objek alam seperti pantai dan air terjun; flora seperti hutan; fauna; dan perkebunan berupa perkebunan teh, kopi, sayur, dan buah.
  • Ekowisata petualangan, seperti kegiatan alam bebas mendaki gunung, lintas alam, berselancar, dan lainnya.
  • Ekowisata kebudayaan dan sejarah, yang meliputi: suku terasing atau pedalaman seperti orang rimba dan suku dayak; kerajinan tangan batik dan ukiran; dan peninggalan sejarah seperti candi, benteng kolonial, dan lainnya.
  • Ekowisata penelitian yang meliputi pendataan spesies, pendataan kerusakan alam seperti lahan gundul dan pencemaran lingkungan, serta kegiatan konservasi seperti reboisasi dan lokalisasi pencemaran.
  • Ekowisata sosial, konservasi, dan pendidikan yang meliputi pembangunan fasilitas kesehatan dan komunikasi di wilayah dekat ekowisata; reboisasi hutan gundul, pengembangan flora dan fauna yang mulai terancam kelestariannya; dan memberikan pendidikan bagi masyarakat di sekitar kawasan wisata, seperti mengajarkan bahasa inggris, meningkatkan minat baca, dan lainnya.

Nah, demikianlah informasi seputar manfaat, ciri khas, serta jenis-jenis ekowisata. Bagamimana? Kamu sudah punya rencana liburan di Kawasan ekowisata?


Posting Komentar

0 Komentar