Deretan Sungai Terbersih di Dunia, Ada yang Sudah Pernah Kesini?

 

Sungai menjadi salah satu bagian penting yang ada di bumi. Pasalnya, sungai memainkan peranan besar sebagai sumber air bagi seluruh makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan hingga sekarang ini.

Akan tetapi, pemanfaatan sungai yang dilakukan oleh manusia bisa berdampak pada pencemaran. Alhasil beberapa sungai tampak menjadi sangat kotor dan tercemar.

Meski begitu, masih terdapat sejumlah sungai yang tetap terjaga kebersihannya. Bahkan, beberapa diantaranya menjadi bagian dari incaran wisatawan untuk menikmati liburan yang betemakan alam. Penasaran sungai apa saja? Simak ulasan di bawah ini!

Deretan Sungai Terbersih di Dunia

1. Sungai Hudson, Amerika Serikat

Dari negara Amerika Serikat, ada Sungai Hudson yang menyandang gelar sebagai sungai terbersih di dunia. Jernihnya air sungai ditambah pemandangan alam yang indah, terlebih bila dilihat dari Bear Mountain Bridge dan menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan.

Untuk diketahui, penamaan Hudson pada sungai terbersih di dunia ini bukan tanpa alasan. Sungai ini dulunya menjadi saksi berlayar orang Inggris, Henry Hudson di tahun 1609. Dengan panjang sekitar 507 kilometer, Sungai Hudson mengalir deras hingga membentuk batas politik antara New Jersey dan New York.

Di sungai ini juga terdapat kisah heroik, dimana Chesley Burnett Sullenberger selaku pilot pesawat terbang US Airways dengan nomor penerbangan 1549 pernah melakukan pendaratan darurat di atas Sungai Hudson pada 15 Januari 2009 silam.

2. Sungai Gros Ventre, Amerika Serikat


Masih dari Amerika Serikat, keindahan Sungai Gros Ventre tak perlu diragukan lagi. Sungai ini membentang luas dengan panjang mencapai 120 km dan memiliki beberapa bagian yang dikenal memiliki panorama alam menakjubkan.

Jika Kamu berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencoba aktivitas memancing di bagian hilir Kelly. Seba, selain pemadangan alamnya yang indah, sungai ini juga masih sangat terjaga ekosistemnya.

Oleh karena ituh, tak heran jika Sungai Gros Ventre dijuluki sebagai sungai terbersih di dunia yang menjadi tujuan wisata favorit bagi wisatawan asing yang gemar memancing.

3. Sungai Thames, Inggris


Berada di lokasi populer yaitu London, Sungai Thames masuk sebagai salah satu sungai terbersih di dunia berkat kerja sama yang ciamik antara pemerintah setempat dan masyarakat. Mengingat fakta bahwa konon sungai ini dijuluki sebagai “The Great Stink” karena mengandung zat beracun yang dapat membunuh makhluk hidup.

Namun, lambat laun sungai yang membentang sepanjang 346 km ini menjadi sungai terbersih di dunia dan menjadi tempat bernaung bagi 125 spesies ikan serta 400 spesies invertebrata. Bahkan di tahun 1960, pemerintah setempat mengeluarkan undang-undang agar seluruh pabrik yang berada dekat dengan Sungai Thames menghentikan aktivitas membuang limbah ke sungai.

4. Sungai Tara, Eropa Selatan


Sungai Tara terkenal akan kejernihan airnya. Sungai ini membentang luas hingga ke beberapa negara, meliputi Montenegro, Bosnia dan Herzegovina. Dengan panjang sekitar 144 kilometer, sungai terbersih di dunia ini merupakan hasil dari pertemuan dua sungai yakni Sungai Verusa di Pegunungan Prokletijie dan Sungai Opasnica.

Mengingat keberadaan Sungai Tara yang terbagi di dua negara sekaligus, sungai tersebut membentuk perbatasan yang mana 110 kilometer nya berada di Montenegro dan 34 kilomter sisanya ada di Bosnia dan Herzegovia.

5. Sungai Hanalei, Hawaii

Hawaii dengan potret keindahan alamnya memang selalu mampu memikat hati para wisatawan yang datang berkunjung. Salah satu ikon di Kepulauan Hawaii dan juga menyandang predikat sebagai sungai terbersih di dunia adalah Sungai Hanalei.

Sungai tersebut memiliki daya pikat tersendiri yang dianggap pula sebagai situs bergengsi milik Hawaii. Dipenuhi pemandangan serba hijau sekaligus menjadi rumah bagi jutaan hewan, Sungai Hanalei dikenal sebagai sungai yang masih terjaga ekosistemnya meski aliran sungainya cukup kecil.

6. Sungai Soca, Slovenia


Sungai Soca menyimpan berjuta keindahan yang membuatnya tampak berbeda dari sungai pada umumnya. Sungai ini memiliki  air yang berwarna kehijauan dan mengalir sepanjang 138 kilometer.

Oleh karena itu, tak heran bila sungai ini dikenal sebagai sungai paling indah di dunia. Bahkan saking indahnya, banyak seniman yang mencurahkan ketakjubannya akan Sungai Soca lewat karya sastra, salah satunya adalah Simon Gregorcics dan Giuseppe Ungaretti.

Selain dianggap paling indah, Sungai Soca juga menyandang predikat sungai terbersih di dunia karena airnya yang masih terlihat sangat jernih tanpa adanya sampah sedikitpun. Bahkan saking bersihnya, banyak wisatawan dan seniman yang mengabadikan momen indah mereka di sungai tersebut dalam bentuk foto.

Nah, itulah deretan sungai terbersih yang ada di dunia. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya?

 

Posting Komentar

0 Komentar