Jumat, 02 September 2022

Deretan Negara Penghasil Uranium Terbesar di Dunia

 


Jika membahas mengenai nuklir, Kamu pasti pernah atau tidak asing lagi mendengar istilah uranium. Pasalnya, uranium sendiri merupakan salah satu sumber daya alam yang menjadi bahan baku yang digunakan sebagai sumber energi atau tenaga nuklir.

Perlu Kamu ketahui, uranium adalah sebuah unsur kimia terberat kedua di dunia. Uranium termasuk ke dalam unsur radioaktif, dengan kata lain uranium termasuk zat beracun. Namun telah disebutkan di atas bahwa uranium merupakan zat yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga nuklir.

Nah, berikut ini kami akan menyajikan informasi seputar deretan negara yang menjadi penghasil uranium terbesar di dunia. Simak ulasannya ya!

Deretan Negara Penghasil Uranium Terbesar di Dunia

1. Uni Soviet

Uni Soviet yang kini telah terpecah menjadi beberapa bagian ternyata memiliki cadangan uranium terbesar di dunia. Tercatat per tahun 2015, di seluruh wilayah Uni Soviet diperkirakan ada kandungan uranium sebesar 1.800.000 ton. Pertambangan uranium di Uni Soviet, khususnya Rusia, menambang setidaknya 11.000 sampai 12.000 ton uranium setiap tahunnya.

Rusia sendiri berencana untuk terus meningkatkan reduksi pertambangan mineral mereka. Total jum;ah uranium yang telah diproduksi di seluruh Uni Soviet per tahun 2014 mencapai 102.886 ton.

2. Australia

Australia menjadi negara kedua di dunia dengan kandungan uranium terbesar. Cadangan uranium yang ada di negara ini  diperkirakan mencapai 1.780.800 ton pada tahun 2015. Produksi uranium di Australia mengalami peningkatan signifikan, yaitu dari 40.4 juta kilogram tahun 2006 menjadi 44.6 juta kilogram pada tahun 2007.

Sebanyak 24% kandungan uranium di Bumi ada di Australia. Wilayah persebaran uranium di Australia meliputi Australia Selatan, Queensland, Australia Barat, dan Wilayah Utara Australia.

3. Kazakhstan

Dalam sektor produksi mineral, negara Kazakhstan mampu bersaing dengan Rusia dalam kategori Negara Persemakmuran dan Independen. Negara ini memiliki cadangan uranium sebanyak 941.600 ton per tahun 2015. Produksi uranium di Kazakhstan sendiri merupakan industri yang terus berkembang di negara tersebut. Pada 2007, produksi uranium Kazakhstan mencapai 34.6 juta kilogram.

Seluruh pengelolaan dan kepemilikan uranium di Kazakhstan berada di bawah perusahaan multinasional Kazatomprom.

4. Kanada

Kanada menjadi eksportir uranium terbesar di seluruh dunia selama bertahun-tahun, sebelum akhirnya titel tersebut diambil oleh Kazakhstan tahun 2009. Persediaan uranium di Kanada mencapai 703.600 ton. Tambang uranium terbesar Kanada ada di Kolam Athabasca yang berlokasi di sebelah utara Saskatchewan. Uranium di Kanada pertama kali ditemukan pada tahun 1847.

5. Namibia

Namibia memiliki salah satu tambang uranium terbesar di dunia, yaitu Rossing. Pengelolaan uranium di Namibia dilakukan oleh perusahaan swasta. Per tahun 2015, tercatat persediaan uranium Namibia mencapai 463.000 ton. Biaya produksi uranium di negara ini termasuk salah satu yang tertinggi di seluruh dunia.

6. Afrika Selatan

Kandungan uranium di Afrika Selatan mencapai 449.300 ton. Perserbarannya ada di Kolam Witwatersrand di wilayah Brakpan dan Krugersdorp di wilayah Beaufort Barat. Pada tahun 2014, Afrika Selatan telah memproduksi total 159.510 ton uranium.

7. Nigeria

Nigeria termasuk negara dengan produksi uranium yang paling maju di seluruh wilayah Afrika. Penghasil uranium terbesar ada di wilayah Arlit, dan seluruh operasionalnya dilakukan oleh perusahaan nuklir asal Perancis bernama Areva NC.

Per tahun 2015, cadangan uranium di Nigeria mencapai 411.300 ton.

8. Rusia

Menjadi bagian dari Uni Soviet, Rusia memiliki kandungan uranium yang sangat melimpah. Pada tahun 2015, kandungan uranium di Rusia sebanyak 395.200 ton. Produksi uranium terbesar Rusia ada di wilayah Ural Selatan, Siberia Barat, dan Timur Siberia di Danau Baikal. Produksi uranium tertinggi di Rusia terjadi tahun 2008, dimana negara ini menghasilkan 17.8 juta kilogram uranium dari 3 tambang yang ada.

9. Brasil

Pertambangan uranium di Brasil kali pertama ditemukan pada tahun 1950-an. Namun kegiata pertambangan tersebut sempat dihentikan oleh pemerintah karena dianggap mendatangkan keuntungan yang sedikit bagi negara. Cadangan uranium di Brasil sendiri tahun 2015 tercatat mencapai 276.800 ton dengan total produksi hanya 4.712 ton saja.

10. China

Meski memiliki kandungan uranium melimpah, yaitu 272.500 ton per tahun 2015, produksi uranium di China tidak terlalu banyak. Industri mineral bukan menjadi yang utama di China. Per tahun 2014, China tercatat hanya memproduksi 39.849 ton uranium saja dari total seluruh uranium yang dimiliki.

Demikianlah informasi seputar deretan negara penghasil uranium terbesar di dunia yang bisa Kamu ketahui. Jika Kamu penasaran dengan peringkat negara kita, Indonesia sendiri berada di peringkat  ke-15 dengan cadangan uranium sebanyak 70.000 Ton per 2015. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...