Kamis, 22 September 2022

Keunikan Pulau Bunaken, Tempat Tinggal Biota Laut

Pulau Bunaken terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado.

Pesona taman bawah laut bunaken yang menabjubkan menajdi salah satu aset alam Indonesia yang paling berharga adalah ekosistem lautnya.

Hal yang paling mempesona dari taman nasional bawah laut bunaken adalah:

Keunikan Taman Laut Bunaken

1. Daerah bawah laut terkaya di dunia

Bunaken juga dikenal sebagai tempat hidup fauna laut yang unik dan langka. Ada jenis ikan, reptil, dan mamamlia laut yang hidup di sana. Lebih dari 50 % spesies ikan ada di Bunaken. Taman laut ini juga kita bisa melihat penyu hijau, ikan, barakuda, ikan pari elang,hingga lumba-lumba.

2. Segitiga emas terumbu karang

Taman Laut Bunaken ternyata berada di Segitiga Terumbu Karang Dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, Filipina, hingga kepulauan Solomon. Ditaman ini kita bisa melihat ratusan spesies terumbu karang. Istimewanya lagi, jenis terumbu karang langka juga bisa kamu jumpai di sana.

Underwater Great Walls atau Hanging Walls menjadi primadona utama yang ada di taman ini. Sulit untuk menemukannya di laut manapun.

Tembok karang raksasa tersebut memiliki bentuk vertikal dengan bagian atas yang melengkung. Soft coral yang berwarna-warni juga ada di sana. Inilah yang membuat spot tersebut terlihat sangat cantik. Sebab, koral tersebut merupakan tempat hidup para ikan cantik.

3. Spot menyelam terbaik di Indonesia

Pulau Bunaken juga memiliki ombak yang sangat cocok untuk berselancar. Maka, daerah ini juga populer di kalangan pecinta surfing dari seluruh penjuru dunia.

Olahraga laut lainnya adalah jet ski dan parasailing. Kegiatan-kegiatan ini aman dilakukan karena selalu diawasi oleh pemandu yang berpengalaman. Sehingga cocok sekali untuk dicoba bersama teman-teman, keluarga, bahkan anak-anak. Jika berlibur bersama keluarga di Bunaken, jangan melewatkan kesempatan ini.

4. Situs warisan dunia UNESCO

Taman Laut Bunaken ini ditemukan sekitar tahun 1975 oleh Nusantara Diving Club (NDC). Kawasan dengan luas 75.265 ha ini baru benar-benar diresmikan sebagai taman laut pertama di Indonesia pada tahun 1991.

Pengunjung yang datang ke tempat ini kian bertambah. Para  peneliti biota laut juga selalu datang ke sini, hingga traveler. Pada tahun 2005 UNESCO pun menetapkan surga bawah laut ini sebagai Situs Warisan Dunia. Tujuannya tentu saja agar keindahan dan kelestarian taman tersebut senantiasa terjaga.

5. Bisa memberi makan ikan

Pulau Bunaken memiliki keindahan alam bawah laut yang dan di sini juga bisa snorkeling untuk melihat hewan laut dan terumbu karang di laut dangkal. Di Taman laut ini juga bisa memberi makan ikan.

Jenis-jenis ikan yang bisa kita lihat di sini adalah ikan goropa, oci putih, lolosi ekor kuning, ikan kuda gusumi, ila gasi, dan lain-lain. Bahkan, ikan-ikan ini sudah familiar dengan keberadaan pengunjung yang memberi makan mereka. Jadi, pengunjung bisa berfoto bersama ikan-ikan tersebut.

Demikian informasi mengenai keunikan pulau bunaken, tempat tinggal biota laut yang menarik untuk diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...