Rabu, 07 September 2022

Fakta Menarik Gunung Everest, Gunung Tertinggi di Dunia

 

Ketinggian gunung ini tidak memiliki angka yang pasti hingga sekarang. Namun, menurut berbagai sumber, ketinggian dari gunung ini adalah 8.848,86 meter di atas permukaan laut. Sudah tak perlu diragukan bahwa Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya.

Gunung Everest adalah impian bagi para pendaki sejati di seluruh dunia. Oleh karena itu banyak pendaki yang bermimpi bisa mendaki Gunung Everest. Namun, “menaklukan” gunung ini pastinya tidak akan mudah. Hanya beberapa orang saja yang pernah berhasil mendaki di gunung ini.

Nah, Simak dulu yuk fakta-fakta menarik tentang Gunung Everest.

1. Letak Gunung Everest

      Gunung Everest merupakan bagian dari Pegunungan Himalaya. Puncaknya berada di ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut dan berada di perbatasan antara Tibet dan Nepal.

      2. Umur Gunung Everest

Mengenai umur gunung ini sebetulnya tidak ada yang tahu pasti, namun menurut beberapa penelitian dan para ahli, diperkirakan umur Everest sekitar 60 juta tahun. Pembentukan gunung ini ketika terjadi tumbukan lempeng Eurasia dan Lempeng India.

Pada 1924, Noel Odell menjadi orang pertama yang menemukan fosil laut di Gunung Everest. Hal ini kemudian meyakinkan fakta bahwa gunung tersebut sebetulnya berada di bawah laut sebelum tumpukan lempeng Eurasia dan India.

3. Memiliki Rute Pendakian

Ada rute pendakian yang bisa dipilih pendaki untuk mencapai puncak Everest. Tapi ada dua jalur yang paling populer dan sering dipilih yaitu jalur Southeast Ridge dari Nepal dan jalur North Ridge dari Tibet.

4. Durasi Ekspedisi

Waktu yang tepat untuk memulai proses pendakian menuju puncak Everest adalah pertengahan Mei, tapi biasanya proses persiapan telah dimulai berbulan-bulan sebelumnya. Tim ekspedisi biasanya telah berkumpul di Kathmandu, Nepal pada bulan Maret untuk mulai aklimatisasi.

Pada bulan April, pendaki mulai berangsur-angsur naik gunung untuk menyesuaikan diri. Menjelang minggu kedua bulan Mei, tim seharusnya sudah memiliki jalur yang dilengkapi tali dan sudah mengarah ke puncak. Jika semuanya berjalan dengan baik, pada awal bulan Juni pendaki sudah memulai perjalanan pulang.

5. Iklim Everest Sangat Ekstrem

Everest memiliki iklim yang paling ekstrem karena berada di ketinggian yang sangat tinggi ditambah dengan adanya gletser dan pegunungan salju. Badai dan angin kencang bisa terjadi kapan saja di Gunung Everest. Kekuatan angin tertinggi pernah terjadi dan tercatat mencapai 285 km per jam.

Tercatat suhu terpanas yang pernah terjadi di puncak Everest ialah minus 20 derajat Celsius. Sedangkan suhu terekstrem bisa mencapai minus 60 derajat Celsius.

6. Banyak Pendaki yang Tidak Selamat

Karena medan yang berbahaya, sudah banyak pendaki yang meninggal dunia saat berusaha mencapai puncak Everest. Berdasarkan data Himalayan Database, hingga akhir musim pendakian 2018 sudah ada 295 orang yang meninggal saat mendaki Everest.

Kebanyakan dari pendaki yang meninggal tersebut mayatnya tertinggal di sana dan terkubur di bawah es. Ketika lapisan es di Everest mencair, baru kemudian jasad-jasad tersebut bisa dilihat.

Itulah fakta mengenai Gunung Everest, semoga bermanfaat!

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...