Kamis, 08 September 2022

Fakta Menarik Sungai Nil, Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia. Sungai ini juga berkontribusi besar bagi kehidupan warga Mesir. Selain sebagai sungai terpanjang, sungai ini juga menyimpan fakta-fakta unik. Penasaran? Berikut penjelasannya:

Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai Nil merupakan salah sungai yang terkenal di dunia, yang letaknya berada di Afrika Utara. Dengan panjangnya yang mencapai 6.695 km, meski sudah di lakukan ekspedisi.  Sungai Nil dinobatkan sebagai sungai yang terpanjang di dunia

Sungai Nil merupakan sumber air utama bagi dua negara di Afrika, yaitu Mesir dan Sudan. Sumber terbesar Sungai Nil berasal dari Danau Victoria, yang merupakan danau yang terluas di Afrika. Sungai yang mengalir ke Laut Mediterania

Pembangunan Piramida Dibantu oleh Sungai Nil

Mesir terkenal dengan piramida yang megah dan menjulang tinggi. Piramida ini digunakan sebagai makam para firaun. Dalam membangun piramida, orang Mesir kuno menggunakan batu bata dan batu dengan bantuan air.

Semakin tinggi piramida, maka semakin banyak pasokan air yang dibutuhkan. Mereka memanfaatkan sungai terpanjang di dunia ini sebagai sumber air dan menggali kanal untuk kapal dan perahu.

Bendungan Tinggi Aswan di Sungai Nil Digunakan Untuk Mengontrol Banjir Sungai Tahunan

Setiap tahun pada musim panas (terjadi di bulan September) air dari Afrika Timur mengalir masuk ke Sungai Nil, yang menyebabkan meluapnya air sungai dan menyebabkan banjir di daerah sekitarnya. Namun setelah Bendungan Tinggi Aswan selesai dibangun pada tahun 1970, Sungai Nil tidak banjir lagi karena bendungan tersebut mampu mengatur ketinggian air.

Bendungan Aswan dirancang untuk mengontrol air Sungai Nil dengan tujuan memperluas budidaya dan pembangkit listrik tenaga air, serta juga memberikan perlindungan di hilir untuk tanaman dan populasi terhadap banjir yang sangat tinggi.

Bendungan Tinggi Aswan memiliki panjang sekitar 12.562 kaki, dengan tingkat puncak dan lebar sekitar 3.280 kaki di dasar, dengan ketinggian 364 kaki di atas dasar sungai ini.

Dijadikan Kalender

Kalender Mesir didasarkan pada satu tahun yang terdiri dari 365 hari, dengan dua belas bulan dan tiga musim. Tiga musim ini berhubungan dengan siklus sungai Nil.

Dilansir dari laman Canadian Museum of History, awal tahun dimulai pada bulan Juli (Kalender Romawi) saat sungai nil banjir.

Sumber Air Sungai Nil, Misteri selama 3.000 Tahun

Sungai Nil adalah titik fokus bagi orang Mesir kuno sehingga kalender mereka memulai tahun dengan bulan pertama banjir. Agama Mesir bahkan memuliakan dewa banjir dan kesuburan, Hapy, yang digambarkan sebagai pria gemuk dengan kulit biru atau hijau.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), para petani Mesir kuno adalah salah satu kelompok pertama yang mempraktikkan pertanian dalam skala besar, menanam tanaman pangan seperti gandum dan jelai, serta tanaman industri seperti rami untuk membuat pakaian

Ada 9 negara di seluruh Afrika yang dilewati Sungai Nil dan anak-anak sungainya

Sungai Nil merupakan aliran terpanjang di daratan Afrika, karena mampu melewati 9 negara di seluruh Afrika, yaitu Mesir, Zaire, Rwanda, Uganda, Sudan, Kenya, Burundi, Tanzania dan Ethiopia.

Cekungan Nil (area tanah yang dikeringkan oleh sungai) sangat besar lho, karena mampu mencakup 11 negara, yaitu meliputi Mesir, Uganda, Sudan, Ethiopia, Eritrea, Burundi,Tanzania, Kenya, Republik Demokratik Kongo, Rwanda, dan Sudan Selatan.

nah, itulah ulasan fakta menarik tentang sungai nil,sungai bersejarah di peradapan Mesir kuno.Sungai ini juga terbuka untuk wisatawan lho. Tertarik untuk berlibur di Sungai Nil guys!

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...