Selasa, 06 September 2022

Mengulik Fakta Gunung Rinjani

 

Wisata alam memang selalu menawarkan beragam cara bagi kita untuk merileksasi pikiran dan beristirahat sejenak dari kesibukan sehari-hari. Alam menyuguhkan pemandangan indah yang bisa membuat kita lebih tenang dan juga merasa damai.

Tidak heran banyak wisatawan memilih gunung sebagai destinasi wisata. Gunung memiliki udara yang sejuk dan bersih sehingga cocok untuk menyegarkan pikiran kita.

Gunung Rinjani adalah gunung berapi aktif di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Gunung Rinjani terletak di bagian dari Kepulauan Sunda Kecil, dengan koordinat geografis 8°24′52″LS 116°27′35″BT. Ketinggian Gunung Rinjani adalah 3.726m / 12.224 elevasi.

Berikut akan mengulik fakta tentang Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani terbentuk ketika Gunung Samalas meletus

Dalam bentuknya yang sekarang, Gunung Rinjani dan danau kawahnya yang besar diperkirakan terbentuk ketika Gunung Samalas meletus pada 1257.

Letusan ini dalam skala kolosal, dan diyakini telah berkontribusi pada periode pendinginan global dan zaman es mini. Gunung Barujari (yang terletak di danau kawah, Segara Anak) adalah bagian aktif dari sistem vulkanik bersejarah ini.

Gunung Rinjani memiliki danau vulkanik terbesar di dunia

Tahukah Anda bahwa gunung ini memiliki danau yang luas dan besar? Ya, Rinjani memang semenakjubkan itu. Pasalnya, Gunung Rinjani memiliki Danau Segara

Anak yang menjadi danau vulkanik terbesar di dunia yang berada di ketinggian 2.003 mdpl. Suhu permukaan danau lebih hangat dan suhu harian dari airnya berkisar antara 20-22 derajat celcius.

Fenomena Topi Awan

Topi awan merupakan gumpalan awan putih tebal pernah melingkari puncak Gunung Rinjani. Hal ini membuat banyak orang mencoba memotret fenomena ini. Fenomena topi awan tak hanya sekali terjadi, namun kondisi 'topi awan' pada Juli 2019 terbilang sempurna. Lingkaran awan putih berlangsung sejak pukul 07.00-09.30 dengan warna dan ketebalan yang berganti-ganti.

Anak Gunung Rinjani disebut Gunung Barujari

 Gunung Barujari ini hanya memiliki tinggi 2.376 mdpl saja. Jika diukur dari permukaan laut, Gunung Barujari tak terlihat menjulang tinggi apabila dilihat dari Danau Segara Anak. Gunung ini juga pernah meletus beberapa kali.

Gunung Rinjani Aman untuk Didaki

Gunung Rinjani cukup aman untuk didaki. Ini bukan gunung teknis, dengan jalur yang sudah mapan dan mudah diikuti. Meskipun ada beberapa bagian curam di mana Anda harus berhati-hati, penggunaan tali tidak diperlukan.

Gunung Rinjani sebagai Tempat Suci

Gunung Rinjani juga dianggap sebagai tempat suci oleh masyarakat Pulau Lombok khususnya masyarakat Hindu.Setiap tahun ribuan umat Hindu melakukan sembahyangan di areal Danau Segara Anak yang dikenal dengan upacara “Mulang Pakelem”.

Lebih lanjut banyak masyarakat Lombok datang ke areal Danau Segara Anak untuk tujuan berobat.Mereka melakukan ritual pengobatan dengan berendam di air panas dan di Danau Segara Anak.

Bagi Anda yang ingin hiking atau trekking di tengah hamparan keindahan Gunung Rinjani, Anda bisa mulai merencanakan pendakian dari sekarang.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...