Jumat, 22 Juli 2022

Penemuan Teknologi Zaman Purba, Bukti Peradaban yang Bikin Terpukau

Zaman purba memang identik dengan kehidupan yang masih cenderung terbelakang, kuno, primitif, dan belum mengenal teknologi. namun siapa sangka, ternyata para arkeolog jaman dulu menemukan sesuatu yang di luar perkiraan manusia zaman sekarang.

Berbagai penemuan menunjukkan bahwa di zaman purba sudah terdapat teknologi. Penemuan teknologi jaman dahulu menjadi struktur pemikiran yang kemudian menjadi cikal bakal teknologi baru yang lebih hebat.

Wah, apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Baterai Kuno Bagdad

Baterai Baghdad merupakan pot tanah liat berukuran 6 inci yang ditemukan disekitar masa pendudukan Parthia antara 248 SM dan 226 SM. Baterai ini terdiri dari sebuah silinder dengan lembaran tembaga yang melekat di mulut panci menggunakan segel dari 60%-40% campuran timbal ataupun timah.

Dengan me


masukkan cairan asam kedalam jambangannya, baterai ini dapat menghasilkan tegangan listrik sebesar 1,5 – 2 volt. Beterai Parthia ini ditemukan oleh Ahli Arkeolog Austria, Dr Wihem Konig, di desa  Khuyut Rabbou’a dekat Bagdad,Irak  pada tahun 1936.

2. Telegraf, Cikal Bakal Telepon


Sebelum ada perangkat telepon atau handphone seperti yang kita kenal sekarang, manusia jaman dahulu menggunakan surat burung sebagai pengantar pesan. Hingga peradaban manusia tahun 1837, seseorang bernama Samuel Finley Breese Morse berhasil menciptakan alat untuk mengirim pesan dari jarak jauh. 

Temuan bernama telegraf ini menggunakan sandi morse untuk mengganti kata-kata. alat ini dijadikan sebagai teknologi komunikasi jarak jauh era 1.800an hingga 1.900an. telegraf kemudian berkembang semakin canggih.

Yang awalnya hanya bisa dipakai dengan jarak maksimal beberapa kilometer saja, kemudian berkembang dengan menggunakan peralatan rilai serta stasiun transit agar jaraknya lebih jauh.

3. Penemuan Reaktor Nuklir di Gabon


Kebanyakan dari kita mungkin mengenal nuklir sebagai suatu penemuan canggih, namun ternyata telah ada sejak jaman purba. Para Arkeolog menemukan tambang reaktor Nuklir di daerah Oklo, Rep. Gabon, Afrika yang diduga sudah ada sejak 2 milyar tahun silam.

Setelah dilakukan penelitian di negara yang fauna yang khas yakni gajah afrika ini, ditemukan tambang yang merupakan sebuah reaktor nuklir skala besar di zaman pra sejarah, dengan kapasitas kurang lebih 500 ton biji uranium yang terdapat di enam wilayah, dan dapat menghasilkan tenaga sebesar 100 ribu watt.

4. Jantung Sintetis


Di dada kiri mumi anak laki-laki dalam Piramida Mesir, para peneliti menemukan jantung sintetis. Di zaman modern, jantung sintetis merupakan penemuan baru yang diciptakan dalam beberapa puluh tahun saja. Namun ternyata, penemuan jantung sintetis ini telah ada sejak di zaman purba, sekitar 5.000 tahun yang lalu.

5. Komputer Kuno


Di tahun 1901, para penyelam Yunani menemukan sesuatu di perairan Pulau Antikythera. Penemuan aneh di dunia ini berasal dari sebuah peninggalan puing-puing bangkai kapal yang karam di dasar lautan tahun 80SM. Benda berbentuk mirip sebuah jam beker ini kemudian disebut sebagai Antikythera Mechanism.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Derek John De Solla Price. Ia menjelaskan tentang mekanisme bend aini, yakni yang saat ini digunakan sebagai komputer atau mesin hitung yang digunakan untuk mengukur pergerakan bintang-bintang dan planet.

Nah, penemuan di atas membuktikan bahwa zaman purba ternyata memiliki teknologi yang tak kalah maju dibandingkan dengan zaman sekarang. Namun sayangnya, temuan-temuan tersebut digunakan dalam peperangan hingga menghancurkan peradaban dan membuat menusia kembali ke zaman primitif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...