4 Fakta Menarik Danau Toba yang Wajib Kamu Ketahui!

 



Danau Toba adalah danau terluas di Indonesia bahkan Asia Tenggara dan kerap menarik perhatian banyak orang untuk menjelajahi dalamnya. Danau yang berada di Sumatera Utara ini memang menyimpan banyak keindahan alam yang tidak dapat ditemukan di mana saja.

Selain itu, daerah di sekitar Danau Toba juga memiliki keindahan alam yang luar biasa untuk dikunjungi. Hal ini membuat Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit banyak orang dan sekaligus sebagai tempat pariwisata paling laris di Indonesia.

Meski demikian, mungkin ada banyak sekali fakta Danau Toba yang tidak kamu ketahui. Nah, untuk mengetahui apa sajakah fakta Danau Toba maka ulasan di bawah ini wajib kamu baca.

Kali ini, kami akan memberikan fakta-fakta menarik dariDanau Toba yang mungkin belum kamu ketahui. Apa sajakah itu? Berikut kami berikan ulasannnya untuk kamu ketahui.

1. Awalnya Sebuah Gunung

Tahukah kamu, sebelum menjadi danau yang cantik dan indah untuk kamu nikmati saat ini, Danau Toba dulunya adalah sebuah gunung besar yang bernama Gunung Toba. Seorang geologi Belanda, Van Bemmelen mengatakan, lokasi Danau Toba saat ini dulunya merupakan gunung api raksasa atau supervulcano yang Meletus hebat. Kamu bisa memainkan chord tak ingin usai

Kini gunung tersebut telah tenggelam di dalam Danau Toba dan disebut sebagai Kaldera Toba. Setelah adanya letusan hebat, Kaldera Toba pun tertutup oleh bebatuan dan diisi oleh air hujan yang membuatnya membentuk sebuah danau, yakni Danau Toba.

2. Letusan Terkuat dalam Dua Juta Tahun Terakhir

Seperti yang sudah disebutkan, Danau Toba merupakan danau yang terbentuk akibat letusan hebat dari Gunung Toba. Gunung ini diperkirakan Meletus sekitar 74.000 tahun lalu dan mengeluarkan hingga 2.800 kilometer kubik magma menurut geology dari Eastern ILLios University, CA Chesner.

Bahkan, awan panas yang terjadi akibat meletusnya gunung ini menutupi nyaris seluruh daratan Sumatera, mulai dari Samudera Hindia sebelah barat hingga ke Selat Malaka di sebelah timur.

3. Cerita Rakya yang Populer

Selain destinasi wisatanya yang menarik, salah satu daya tarik dari Danau Toba adalah cerita rakyatnya. Meski secara ilmiah Danau Toba adalah danau hasil letusan gunung, namun banyak orang yang percaya Danau Toba adalah danau yang berasal dari ikan mas raksasa.

Cerita ini berasal dari salah satu cerita rakyat dimana ada sesosok laki-laki yang menikahi wanita setengah ikan. Dikisahkan, ia menyebut anaknya sebagai anak ikan dan membuat gempa hebat yang akhirnya terjadi Danau Toba. Meski hanya cerita rakyat, banyak orang yang percaya mitos ini dan menghormati ikan mas sebagai ikan suci.

4. Pulau yang Unik

Bisa dibilang, Pulau Samosir yang ada di tengah Danau Toba memiliki keunikan. Hal itu dikarenakan, Pulau Samosir berdiri di tengah pulau Sumatera. Selain itu, disekitar Pulau Samosir juga terdapat Danau Aek Natonang yang juga berada di atas Danau Toba.

Keunikan ini membuat Danau Toba semakin memiliki karakteristik dan daya tarik yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya.

Nah, itulah fakta menarik dari Danau Toba yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat membaca!

Posting Komentar

0 Komentar