Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Barat yang Paling Hits

Sumatra Barat berada di Provinsi Sumatera ibu kotanya Padang. Provinsi Sumatra Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Kamu bisa memainkan chord tak ingin usai

Kali ini akan membahas tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib di kunjungi ketika ingin berlibur ke Sumatera Barat. Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

1. Danau Singkarak

Danau Singkarak memiliki endemik yaitu ikan bilih. Ikan bilih pertama kali ditemukan dua peneliti Belanda, Weber dan Beaufort, pada 1912. Ikan bersisik perak berkilauan ini hanya bisa berkembang hingga ukuran sekitar 5 cm.

Ketika mengarungi danau dan melihat seperti apa bentuk ikan bilih, bisa juga menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri. Danau Singkarak merupakan danau terluas di Sumatera Barat. Saking besarnya, danau ini membentang pada dua kabupaten, Solok dan Tanah Datar.

2. Pulau Pasumpuhan

Indonesia memiliki keunggulan lebih di sektor pariwisata, dan salah satu contoh nyata nya adalah Pulau Pasumpahan. Pulau Pasumpahan beberapa tahun terakhir ini sudah sering dikunjungi oleh berbagai wisatawan karena spot diving nya terbaik dan indah.

Bukan hanya itu saja, pulau pasumpahan juga menawarkan keindahan alam yang sangat memukau. Pantai pasir putih, samudera terbuka, dan lautan jernih yang biru membuat tempat ini sangat wajib dikunjungi bagi para pecinta alam.

3. Lembah Anai


Lembah Anai adalah tempat yang sangat indah dan cantik, sehingga sangat disayangkan jika anda tidak menyempatkan diri untuk datang kesini.

Lembah Anai terdapat air terjun disinyalir berasal dari Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju patahan Anai. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang senang berfoto, disini juga terdapat kereta api peninggalan jaman Belanda dan batuan – batuan besar.

4. Puncak Lawang

Puncak Lawang yang letaknya sekitar 20 kilo meter dari kota Bukit Tinggi. Disini, para pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Bukit Tinggi dari Puncak Lawang.

Puncak ini sudah dikenal oleh dunia dan wisatawan mancanegara. Wisatawan dapat melihat hutan yang mengelilingi kota bukit tinggi dan Danau Maninjau dari ketinggian.

5. Air Nyarai

Air Nyarai terletak di jantung Hutan Gamaran, Air Nyarai harus ditempuh oleh para pengunjung dengan cara berjalan kaki menuju ke dalam hutan. Di sepanjang perjalanan pun anda akan menemui banyak sekali lubuak atau kolam alami, seperti Lubuak Lalang, Lubuak Ngungun dan Lubuak Batu Taduang.

6. Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan sebuah danau vulkanik yang terletak di Sumatra Barat. Danau yang seluas 100 meter persegi ini memiliki pemandangan yang sangat amat menakjubkan.

Danau Maninjau merupakan salah satu danau terhening di Indonesia. Tempat ini sangatlah cocok bagi siapa pun yang ingin menenangkan diri sambil menikmati alam di sekeliling Danau Maninjau.

Demikianlah informasi tempat wisata yang ada di Sumatera Barat. Semoga artikel ini bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar