Sabtu, 10 September 2022

Fakta Unik Pulau Jeju Wajib Di Kunjungi Bagi Wisatawan

 

Jeju atau Jeju-do adalah pulau terbesar di Korea Selatan yang dikenal sebagai Hawaii Korea. Pulau Jeju menjadi tujuan liburan populer bagi warga Korea Selatan karena pedesaannya yang subur dan pantainya yang indah. Berikut adalah fakta unik tentang pulau Jeju di Korea Selatan.

Jeju menyimpani situs warisan dunia

Pulau Vulkanik Jeju dan Tabung Lava adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Situs ini terkenal dengan atap dan lantai karbonat warna-warni, dinding lava berwarna gelap dan kerucut yang muncul dari laut.

Hawainya Korea Selatan

Pulau Jeju adalah pulau yang terletak di antara Selat Korea dan selatan Provinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan. Dengan iklim sedang sepanjang tahun, tempat ini juga dikenal sebagai “Hawaii-nya Korea Selatan.”

Miliki Gunung Terbesar di Korea Selatan

Hallasan, gunung berapi setinggi 6.400 kaki yang menampung Kuil Budha tertua di Jeju adalah gunung terbesar di Korea Selatan. Mendominasi seluruh Jeju, bagi rakyat Korea, itu adalah gunung suci dengan kepercayaan bahwa para dewa dan malaikat tinggal di sana. Bagi pengunjung, ini adalah dunia petualangan dan tempat untuk menemukan flora dan fauna yang unik.

Kakek beruntung di Jeju

Terdapat puluhan patung batu basal tersebar di pulau Jeju yang dikenal sebagai dol hareubang ‘kakek batu’. Patung ini mewakili dewa perlindungan dan kesuburan. Patung-patung muncul pada akhir abad ke-18 dan menjadi simbol pulau.

Manusia setengah Dewa pendiri Jeju

Menurut legenda Jeju didirikan oleh setengah dewa bernama Go, Ryang, dan Bu. Orang-orang ini muncul dari lubang di tanah dan kemudian menjadi pendiri kerajaan Tamna. Mitos lain mengatakan bahwa Jeju diciptakan oleh seorang wanita kuat bernama Seolmunae Halmang yang membawa tanah di roknya dan menuangkannya ke laut. Dari situlah muncul Pulau Jeju.

Bahasa Jeju yang sudah langka

Jeju tidak hanya memiliki dialeknya sendiri tetapi juga memiliki bahasanya sendiri yang digunakan oleh beberapa penduduk lanjut usia. Sementara itu para remaja berbicara dengan variasi bahasa Korea dan dialek Jeju. Menurut data UNESCO, tidak lebih dari 10.000 orang di Pulau Jeju berbicara bahasa Jeju dan dikategorikan ke dalam bahasa yang hampir punah.

Kuliner

Kuliner rakyat Jeju sangat berbeda dengan yang ada di daratan utama. karena wilayah ini sebagian besar merupakan sebuah lautan, maka makanan di wilayah ini di dominasi dari hasil laut. Mereka banyak bekerja sebagai nelayan sehingga bahan makanannya kebanyakan adalah hasil dari laut.

Orang Jeju gemar mengkonsumsi makanan segar seperti ikan mentah. Hasil utama lain adalah rumput laut, abalon dan buah-buahan. Salah satu masakan Jeju yang paling terkenal adalah Jeonbokjuk, bubur abalon. Kuliner di Pulau Jeju sangat berbeda dengan di daratan Korea Selatan.

Itulah Fakta Unik Pulau Jeju bias jadi rekomendasi tempat wisata yang keren di Korea Selatan. Semoga informasinya membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...