Kamis, 18 Agustus 2022

Deretan Kota Terkecil di Dunia, Mayoritas Ada di Benua Eropa

 


Tinggal di kota besar merupakan suatu keinginan bagi sebagian orang. Pasalnya, banyak yang berfikir bahwa hidup di kota besar lebih menyenangkan dibandingkan dengan hidup di kota-kota kecil kecil yang berada di pinggiran.

Namun siapa sangka, kehidupan yang nyaman tidak hanya diperuntukan bagi Kamu yang hidup di kota-kota besar. Di bumi ini, ada beberapa kota kecil bahkan dianggap terkecil dibandingkan dengan kota lain yang menarik untuk di huni atau dikunjungi.

Penasaran dengan kota-kota terkecil tersebut? Berikut ini kami akan menyajikan deretan kota terkecil yang ada di dunia. Simak sampai habis ya!

Deretan Kota Terkecil di Dunia

1. Saint Asaph


Kota kecil ini terletak bediri di pinggir Sungai Elwy, Wales. Wilayahnya juga sangat kecil dan dihuni sekitar 3.300 penduduk saja, berdasarkan sensus pada 2011.

Soal pemandangan tak perlu Kamu ragukan lagi. Kota ini menyajikan pemandangan Vale of Clwyd serta perdesaan yang hijau. Para turis bisa menjelajah sambil melakukan perjalanan ke kota-kota pesisir seperti Rhyl, Abergele, Colwyn Bay, dan lainnya.

2. Greenwood


Greenwood adalah kota di selatan-tengah British Columbia dan pertama kali didirikan pada 1897. Kota ini berfungsi sebagai pusat peleburan dan pertambangan Boundary Country. Setelah penutupan industri di sekitar area tersebut, Greenwood tetap bertahan sebagai kota penting untuk wilayah.

Berbicara tentang sejarah kota, sekitar 1.200 orang Kanada-Jepang dikirim ke Greenwood pada 1942 sebagai bagian dari pengasingan.

3. Whittier


Whittier merupakan sebuah kota terpencil di Alaska. Di sana, Kamu bisa melihat banyak perahu terombang-ambing, bangunan yang dikelilingi pohon cemara, serta puncak yang ditutupi oleh salju. Namun, satu hal yang berbeda dari Whittier adalah kota tersebut mendapat julukan “kota di bawah satu atap”.

Pasalnya, hampir sekitar 200 penduduknya tinggal di Menara Begich. Menara tersebut merupakan barak tentara yang diubah menjadi blok menara perumahan. Pemukiman terpencil tersebut memiliki toko, gereja, bahkan pusat kesehatan.

Jika ingin berkunjung, Whittier terletak 97 kilometer dari Anchorage dan dapat diakses melalui terowongan gunung atau laut. Whittier merupakan pintu gerbang menuju Prince William Sound, atau bagian perairan pedalaman yang terletak di lepas Teluk Alaska.

4. Kalpa


Kota Kalpa adalah satu kota terkecil yang bertempat di negara India. Kota ini terletak pada ketinggian 2.759 meter dari permukaan laut (mdpl) dan dikelilingi oleh pegunungan tinggi. Tidak hanya itu, kota tersebut berjarak cukup dekat dengan Kinnaur Kailash yang merupakan gunung raksasa yang dipercayai sebagai rumah Dewa Siwa.

Selain menawarkan pemandangan yang indah, hal lain yang dimiliki oleh Kalpa adalah Benteng Sapni yang memiliki tujuh lantai dan kuil dengan ukiran kayu yang rumit.

5. Vatikan


Kota ini menjadi salah satu kota terkecil berdasarkan letak geografisnya. Kota yang dikelilingi seluruh Roma ini hanya berukuran 0,44 kilometer persegi. Salah satu kota yang bersejarah ini merdeka pada tahun 1929, yang saat ini memiliki kurang lebih 800 orang populasi. Dari jumlah populasi tersebut, persentase perempuan di kota ini hanya 5,5%.

6. Norton


Kota ini memiliki luas permukaan hanya 19,45 kilometer persegi. Meski kecil, Norton adalah rumah bagi beberapa restoran cantik, seperti China Cafe dan Fishtales Family. Selain itu, kota ini memiliki dua area rekreasi, yakni Flag Rock dan Rekreasi Norton.

Di sini juga terdapat Taman Legiun. Orang-orang pergi ke sana untuk bersantai dan menyaksikan musik pegunungan budaya dan kegiatan rekreasi luar ruangan.

Nah, itulah informasi seputar kota terkecil di dunia yang bisa Kami sajikan. Bagaimana, Kamu tertarik mengunjungi salah satunya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...