Deretan Palung Terbesar di Dunia, Kebanyakan Dari Samudra Pasifik

 


Hai Sobat bloger. Sebelum kita membahas Deretan Palung Terdalam di Dunia. Tahukah kalian apa itu Palung Laut? Kalau belum tahu, yuk simak penjelasan dibawah ini.


Palung Laut adalah cekungan yang berada di dasar laut yang berukuran sempit  dan menjorok kedalam seperti jurang. Bisa dikatakan bahwa Palung Laut menyerupai jurang yang ada di dalam laut.


Palung laut  memiliki ciri morfologi khas dari batas lempeng konvergen, dimana lempeng litosfer bergerak ke arah satu sama lain dengan kecepatan yang bervariasi dari beberapa milimeter hingga lebih dari sepuluh sentimeter pertahun.

 

Sobat bloger ada yang tahu gak yah  dari mana asal pembentukan  palung Laut ?

Titik terdalam lautan bumi ini terbentuk karena  bertemunya lempeng tektonik bumi dimana salah satu lempeng menyeruak masuk dibawah lempeng lainnya.palung laut banyak terbentuk di samudra pasifik.hal ini terjadi karena samudra pasifik memiliki zona subduksi yang luas akibat tumbukan dua lempeng tektonik.

 

Nah itulah penjelasan mengenai palung laut,   sekarang mari kita mengenal bebrapa macam nama palung terdalam di dunia.

 

1. Palung Mariana




Siapa sih diantara kamu yang gak tahu Palung Mariana? Palung terdalam nomor satu dimuka bumi ini memiliki kedalaman hingga mencapai 10.911 meter. Palung ini terletak  di dasar laut sebelah timur kepulauan Mariana barat Samudra Pasifik dekat dengan pulau Guam dan Jepang, Lokasi terdalam  dari Palung Mariana berada di kerak Bumi .

 

Palung Mariana terbentuk karena adanya tabrakan antara lempeng tektonik Pasifik dan lempeng Filipina sekitar 180 juta tahun lalu. Dan pertama kali diteliti pada tahun 1875 oleh kapal Angkatan Laut Britania. Lalu memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Kedalaman Challenger.

 

2. Palung Tongo



 Palung Tongo  merupakan palung terdalam setelah palung Mariana. Titik terdalam di Belahan Bumi Selatan ini  memiliki ke dalaman Horizon sekitar 10.800 meter dibawah permukaan air laut. Disebut  kedalamn a horizon karena kapal penelitian horizon  dari lembaga oseanografi scripps adalah kru yang menemukan kedalaman ini pada Desember 1952 lalu.

 

3. Palung Filipina



Palung filipina atau Palung Mindanao adalah Palung terbesar ketiga setelah Palung Mariana dan palung  Tonga, yang memiliki kedLm sekitar 10.540 meter.Palung tesebut terletak di laut Filipina dari samudra pasifik utara bagian barat. Palung Flipina  terbentuk akibat adanya tabrakan antara lempeng Palawan dan Zamboanga.

 

4. Palung Kuril- Kamchatka



Palung Kuril-Kamchatka atau Palung Kuril merupakan palung laut yang  memiliki kedalam sekitar 10.542 meter. Palung Kamchatkan  ini adalah Palung terdalam Keempat di Permukaan Bumi yang terletak di sisi timur Semenanjung Kamchatka<Kepulauan Kuril,dan Pulau Hokaido,JepangPalung Kamchatka tebentuk karena adanya tabrakan antara lempeng Pasifik dengan Lempeng Okhotsk yang lebih kecil.

 

5. Palung Kermadec


Palung kermadec adalah Palung yang memiliki kedalaman sekitar 10.047 meter.Palung ini terletak di Samudra Pasifik bagian selatan. palung ini berbentuk karena terjadinya Tabrakan Lempeng pasifik dan Lempeng Indo-Australia.

 

6. Palung Izu Ogasawara



Palung Izu merupakan palung  terdalam keenam di dunia dengan kedalaman hingga 9.780 meter. Palung Yang Satu,  ini terletak di  Samudra Pasifik. Palung Izu Ogasawara  terbentuk  akibat adanya tabrakan dua lempeng Tektonik, yakni Lempeng Pasifik dan Lempeng filipina.


Nah sobat bloger itulah Sederet Palung terbesar di dunia, Sobat bloger kira kira ada yang pengen menyelam ke salah satu palung diatas gak yah ?

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar