5 Negara dengan Cadangan Minyak Terbesar di Dunia


Minyak bumi merupakan hasil alam yang paling banyak diperlukan. Terdapat sejumlah negara di dunia ini yang menjadi penghasil minyak bumi. Di tengah sentimen harga minyak dunia yang tengah meroket, sejumlah negara ini justru mampu menghasilkan minyak bumi yang berlimpah.

Negara-negara penghasil minyak bumi ini tentunya memiliki sumber daya alam yang begitu melimpah ruah hingga diekspor ke mancanegara.

Sebagian besar negara penghasil minyak di dunia menghasilkan ribuan hingga jutaan barel perharinya. Mana sajakah negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia? Tapi sebelum itu kamu juga bisa mengetahui profil dari difarina indra, penyanyi muda asal Indonesia.

Berikut ini dirangkum 5 negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia, simak ulasannya berikut ini.

1. Venezuela

Venezuela merupakan salah satu anggota OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries). Venezuela menjadi negara penghasil minyak bumi terbesar dengan jumlah total cadangan luar biasa hingga mencapai 308,11 miliar barel.

Akan tetapi, walaupun total cadangan minyak bumi Venezuela dalam jumlah yang melimpah, negara ini diisukan sempat mengalami krisis dan menyebabkan perekonomiannya anjlok hingga 80 persen di tahun 2013 hingga 2021.

Saat ini, perusahaan minyak di Venezuela yakni PDVSA dan juga Chevrin mempunyai eksplorasi migas skala besar baik dalam bentuk daratan ataupun lepas pantai.

2. Arab Saudi

Umumnya, negara yang memiliki cadangan minyak bumi melimpah berada di Timur Tengah, salah satunya Arab Saudi. U.S EIA mencatat bahwa Arab Saudi memiliki cadangan minyak mencapai 267,026 miliar barrel sehingga berada di posisi kedua sebagai pemilik cadangan minyak terbesar kedua di dunia.

Negara dengan populasi 34 juta jiwa ini mampu memproduksi hingga 12 juta barel minyak bumi setiap harinya. Tak heran jika negara ini didapuk sebagai pemilik 16 persen cadangan minyak dunia.

3. Kanada

Negara penghasil cadangan minyak bumi terbesar ketiga diduduki oleh Kanada. Terbukti, negara ini mampu menghasilkan cadangan minyak mencapai 167.896 miliar barel. Negara yang memiliki populasi 38 juta jiwa ini dapat memproduksi minyak mentah sebesar 5 juta barel per hari.

NRCAN (Natural Resources Canada) mencatat bahwa sebagian besar cadangan minyak Kanada berada di kawasan Alberta dengan cadangan mencapai lebih dari 100 miliar barel.

4. Iran

Negara bagian Timur Tengah lainnya yang memiliki cadangan minyak terbesar di dunia yaitu Iran. Negeri para mullah ini tercatat memiliki cadangan minyak mencapai 155,6 miliar barel. Meski memiliki cadangan minyak yang besar, negara Iran hanya mengekspor minyaknya sekitar 12,0 % dari GDP. Sejak 2015 hingga saat ini, negara ini tercatat hanya memproduksi minyak sebesar 3,9 juta barel.

5. Irak

U.S EIA mencatat bahwa negara Irak memiliki cadangan minyak mencapai 145,019 miliar barel dengan produksi per hari mencapai  4 juta barel. Irak merupakan negara pengekspor terbesar minyak dunia dengan porsi mencapai 64,9 persen dari jumlah GDP yang dimilikinya.

Nah, itulah tadi 5 negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia yang tercatat mampu memproduksi minyak dalam jumlah yang besar.

Posting Komentar

0 Komentar