Fakta Menarik Seputar Pulau Lombok


Pulau Lombok yang letaknya bersebelahan dengan Bali tentu sudah tak asing lagi di kalangan para wisatawan. Pulau ini dikenal dengan pantai-pantainya yang indah yang kerap menjadi alternatif wisata populer di Indonesia.

Melihat pesona Pulau Lombok, tak heran jika jumlah wisatawan yang datang berkunjung ke lokasi ini kian meningkat setiap tahunnya. Terlebih lagi, Pulau ini letaknya dekat dengan Bali. Jika kamu tidak dapat datang ke tempat wisata ini, kamu dapat mencarinya melalui mesin pencari yandex.

Pulau ini masuk pada kategori pulau besar dan didapuk sebagai pulau terbesar ke 108 di seluruh dunia. Dengan luas 5.435 km2, Lombok tercatat dihuni oleh lebih dari dua juta jiwa.

Dengan kondisnya yang cukup luas, Pulau Lombok terbagi menjadi lima bagian administratif, yakni empat kabupaten serta satu kota. Tak hanya indah, Pulau Lombok juga menyimpan fakta unik lainnya yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Makna Lombok

Banyak yang mengira pulau ini diartikan sebagai cabai sesuai dengan tuturan Bahasa Jawa. Akan tetapi, anggapan ini salah, pulau ini sebenarnya berasal dari Bahasa Sasak yang disebut “Lomboq” yang memiliki arti lurus.

Konon nama ini diberikan sebagai peringatan perjalanan panjang leluhur masyarakat Lombok ketika menemukan pulai ini. Seiring berjalannya waktu, kata “Lomboq” berubah menjadi Lombok, yang hingga saat ini menjadi populer dan dikenal luas oleh banyak orang.

2. Memiliki Gunung Berapi Tertinggi Kedua di indonesia

Kamu tentu tahu, bahwa gunung Rinjani merupakan salah satu gunung berapi di indonesia yang masih aktif dan tercatat sebagai gunung berapi tertinggi kedua yang terletak di tiga kabupaten seperti Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur.

Di puncak gunung Rinjani, para pendaki ataupun wisatawan bisa melihat hampir seluruh dari Pulau Lombok, karena ketinggian gunung tersebut mencapai 3.726 mdpl. Tak heran jika Gunung Rinjani dinobatkan sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan dari luar Pulau Lombok.

3. Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor

Di beberapa daerah, terdapat beberapa daerah yang bebas kendaraan bermotor, salah satunya Giethoorn Belanda. Istimewanya, Lombok juga memiliki kawasan seperti itu, tepatnya di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Ada peraturan adat yang menekankan bahwa disana tidak diperkenankan untuk menggunakan kendaraan bermotor dan peraturan tersebut kemudian diadopsi oleh pemerintah dan juga penduduk setempat. Dengan demikian, mereka harus berjalan kaki atau menggunakan sepeda dalam aktifitasnya sehari-hari.

4. Wisata Halal Terbaik

Mayoritas masyarakat di Pulau Lombok adalah beragama islam, yang membuat kawasan tersebut menjadi destinasi halal terbaik di Indonesia, yang bahkan sudah dikenal dunia. Disana pengunjung akan dengan mudah menemukan banyak masjid yang terdapat di setiap dusun ataupun di tengah kota.

Dijuluki sebagai Negeri Seribu Masjid, Pulau Lombok juga dikenal dengan wisata religi nya yakni masjid Agung Islamic Center, Lombok, dan mendapat dukungan penuh untuk dijadikan sebgai wisata halal terbaik.

Itulah penjelasan tentang fakta menarik seputar Pulau Lombok dan keistimewaannya hingga disebut sebagai wisata halal terbaik. Terletak tidak jauh dari Bali, namun pulau ini juga tak kalah menarik untuk dijelajahi.

Posting Komentar

0 Komentar