Fakta Menarik Pulau Komodo yang Harus Diketahui


Apa yang ada dibenak mu saat mendengar Pulau Komodo? Salah satu pulau di indonesia ini berada persis di Nusa Tenggara Timur. Pulau ini menjadi habitat bagi satwa langka Komodo, yang menjadi ciri khas tempat ini.

Dikenal karena keunikannya, tak heran jika banyak orang tertarik termasuk aktris seperti mikha tambayong berkunjung ke pulau ini. Pulau ini menjadi satu dari sekian banyak destinasi wisata unik yang ada di Indonesia.

Saat ini, binatang komodo merupakan spesies yang rentan punah. Oleh sebab itu, hewan ini sangat dilindungi dan juga dilestarikan oleh Pemerintah Indonesia. Sebelum mengunjungi pulau ini, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu fakta menarik seputar pulau Komodo.

Apa saja itu? yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Warisan Dunia yang Dilindungi PBB

Taman Nasional ini merupakan yang tertua di Indonesia dan berdiri sejak 6 Maret 1950 dengan luas 173 ribu hektar. Uniknya, Taman Nasional Komodo ini mencakup tiga pulau sekaligus yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

2. Rumah Bagi Ribuan Komodo

Di tahun 2018, jumlah komodo diperkisarakan sebanyak 2.897 individu. Kemudian data di tahun 2019 menunjukkan bahwa jumlah hewan ini sebanyak 3.022 individu. Terjadi peningkatan jumlah komodo, yang mengartikan bahwa aktivitas wisata tidak membahayakan populasi komodo.

Investigasi oleh Universitas Melbourne tahun 2009 mengungkapkan bahwa spesies komodo awalnya telah lama hidup di Australia. Hewan ini kemudian bermigrasi 900 ribu tahun lalu hingga tiba di kepulauan Sunda kecil yang mampu bertahan hingga saat ini.

Sehingga bisa dikatakan bahwa Taman Nasional Komodo merupakan tempat terakhir dimana komodo dapat hidup dan berkembangbiak secara alami.

3. Pengunjung Wajib Pakai Sepatu

Selain spesies komodo, pulau ini juga memiliki 12 jenis ular dan 3 diantaranya adalah beracun, seperti ular hijau yang hidup di pohon, Russell’s Viper, dan kobra yang hidup di lubang tanah padang rumput savana.

Oleh sebab itu, para pengunjung perlu berhati-hati dan selelu mengikuti arahan dari pemandu wisata. Untuk melindungi kaki, diwajibkan untuk memakai sepatu yang nyaman dan tertutup ketika berjalan-jalan.

Tak hanya itu, wanita yang sedang menstruasi juga diwajibkan melapor ke pemandu atau petugas pulau agar lebih diperhatikan. Hal itu dikarenakan komodo mempunyai indra penciuman yang sangat tajam dan bisa menjadi agresif ketika mencium bau darah.

4. Wisata Sains

Selain diminati olehg turis lokal maupun mancanegara, pulau komodo juga dijadikan destinasi pilihan oleh para peneliti yang ingin mengetahu lebih lanjut mengenai hewan berjulukan naga purba ini.

5. Keberadaan Pantai Pink

Selain melihat komodo, kamu juga akan di sambut dengan pantai nan cantik yang berwarna merah muda. Keindahan pantai berwarna pink ini dapat kamu nikmati bersama dengan birunya laut. Warna pink ytersebut berasal dari fauna laut kecil berjuluk Foraminifera yang memberikan warna merah bagi koral.

Itulah, fakta unik seputar Pulau Komidi yang menarik untuk diketahui. Pulau eksotis dengan berbagai keanekaragaman baik darat maupun laut yang sangat memukau. Berminat berkunjung kesana?

Posting Komentar

0 Komentar