Rekomendasi Tempat Wisata Di Sumatera Barat yang Wajib Dikunjungi

Sumatera Barat menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Keindahan alam di provinsi ini membuat orang rela berkunjung walau harus menempuh perjalanan darat yang jauh.

Sumatera Barat juga memiliki segudang kuliner khas yang terkenal, bahkan nasi padang menjadi salah satu rumah makan yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini menjadikan provinsi Sumatera Barat begitu spesial.

Lalu apa saja tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib Anda kunjungi? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Jam Gadang


Tidak sah rasanya bila mengunjungi Sumatera Barat tapi tidak singgah kesini. Bila Paris memiliki menara Eifel, maka Sumatera Barat punya Jam Gadang yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Wisata ini terletak di Alun-alun kota Bukit Tinggi. Jam Gadang menajdi ikon dan lambang kota Padang. Jadi Anda wajib naik ke tingat atas jam Gadang untuk melihat keindahan kota Bukit Tinggi.

2. Pulau Pasumpahan


Pulau Pasumpahan beberapa tahun terakhir ini sudah kering dikunjungi oleh para wisatawan karena memiliki spot diving yang indah. Bukan itu saja, Pulau Pasumpahan juga menawarkan keindahan alam yang begitu memukau. Pantai Pasir Putih, Samudera terbuka dan lautan jernih yang biru membuat tempat ini wajib dikunjungi bagi para wisatawan.

3. Lembah Anai


Lembah Anai adalah objek wisata terkenal sekaligus menajdi ikon kota Padang. Lokasi ini merupakan tempat yang sangat indah dan cantik, sehingga sangat disayangkan bila melewatkan diri untuk datang kesini.

Air terjun yang ada di Lembah Anai disinyalir berasal dari Singai batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang menuju patahan Anai. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dengan suara air terjun yang menenangkan hati.

4. Lembah Harau


Selain Lembah Anai di Sumatera Barat, ada juga yang tak kalah populernya, yaitu Lembah Harau. Tempat wisata ini merupakan lembah tinggi dan curam yang cukup berbahaya, namun memiliki pemandangan indah yang tak kalah dengan Lembah Anai. 

Bagi Anda para pecinta olahraga panjat tebing, Lembah Harau bisa menjadi salah satu alternatifnya. Banyak sekali air terjun yang indah disini. Lembah harau ini berada di kawasan Cagar Alam Harau, dengan satwanya yang terkenal yakni monyet ekor panjang dan juga orang utan.

Disana pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dan bermain-main di lintasan sungai air terjun Lembah Harau.

5. Puncak Lawang


Di Sumatera Barat ada sebuah pegunungan tinggi yang puncaknya bahkan sudah dikenal oleh dunia dan wisatawan mancanegara, puncak ini dinamakan Puncak Lawang yang terletak sekitar 20 kilometer dari kota Bukit Tinggi.

Para pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Bukit tinggi dari Puncak Lawang, disekililingnya juga hutan yang mengelilingi Kota Bukit tinggi dan Danau Maninjau dari ketinggian.

Anda tidak akan kehabisan tempat wisata bila melancong ke negeri sejuta sejarah ini. Bagaimana, dari semua yang disebutkan di atas, mana nih yang sudah kamu kunjungi?


Posting Komentar

0 Komentar