Selasa, 12 Juli 2022

Deretan Negara Penghasil Gandum Terbesar di Dunia


Gandum (Triticus spp) merupakan makanan pokok bagi sebagian masyarakat dunia. Tanaman ini tergolong ke dalam suku padi-padian yang kaya karbohidrat. Tanaman ini berasal dari daerah Laut Merah dan juga Laut Mediterania, tepatnya di Turkim Suriah, Iran, dan Irak yang kemudian tersebar ke seluruh dunia.

Gandum biasanya diolah menjadi seralium terigum atau difermentasikan. Di Indonesia sendiri, gandum banyak dikonsumsi dalam bentuk olahan roti ataupun biskuit.

Tak hanya itu, biji-bijian ini juga digunakan untuk bahan pembuatan tepung terigu, pakan ternak, dan difermantasikan untuk menghasilakan alkohol.

Tanaman gandum memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, antara lain melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, membantu program diet, mengobati kolesterol, dan mengobati penyakit diabetes.

Terlepas dari khasiat yang dimiliki, kira-kira dari mana sajakah biji-bijian ini berasal? Berikut ini dijelaskan negara-negara yang menjadi penghasil gandum terbesar di dunia. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. China

Negara tirai bambu ini semakin menunjukkan dominasinya sebagai produsen gandum terbesar di dunia. Tahun 2020 lalu, China berhasil menghasilkan gandum sebanyak 135.000 metrik ton atau sekitar 29% dari total produksi gandum di dunia.

Jumlah tersebut bisa dikatakan cukup fantastis. Paleobotani menunjukkan bahwa gandum berasal dari Afganistan atau Asia Tengah dan kemudian masuk ke China lewat provinsi utara Xinjiang. 

Namun, disisi lain, bukti arkeologis berupa peralatan kuno yang dipakai untuk budidaya gandum memperlihatkan bahwa gandum datang ke negara China baik dari Siberia ataupun Mongolia di Eurasia.

2. India

Sama halnya dengan China,  biji-bijian ini juga menjadi tanaman kedua paling banyak diproduksi di India setelah beras mendominasi makanan pokok di wilayah utara India. Gandum diketahui lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan perubahan cuaca jika dibandingkan dengan beras.

Berhasil memproduksi gandum hingga mencapai 103.000.000 metrik ton di tahun ini membuat negara India menduduki posisi kedua sebagai negara penghasil gandum di dunia.

3. Rusia

Rusia berada di posisi ke tiga sebagai negara yang memproduksi gandum terbesar di dunia sekaligus posisi pertama sebagai eksportir gandum di dunia yang menghasilkan hingga 77.000 metrik ton gandum.

Rusia sendiri mendapatkan USD6,4 miliar dari ekspor gandum tahun 2019 dengan menyumbang sekitar 17% ekspor gandum dunia. Akan tetapi, meskipun memiliki potensi tetap menjadi eksportir gandum terbesar, justru membuatnya menurun dari tahun ke tahun yang diperkirakan akan terus berlanjut.

4. Amerika Serikat

Negara Paman Sam ini berhasil menduduki posisi ke empat sebagai negara penghasil gandum terbesar di dunia. Diketahui bahwa yang menjadi pemasok utama di negara ini ialah Kansas dan Nortrh Dakota. Amerika Serikat mampu menghasilakn gandung hingga mencapai 50.784.000 metrik ton gandum di tahun 2020.

5. Prancis

Di urutan ke lima sebagai negara penghasil gandum terbesar di dunia di duduki oleh Prancis yang berhasil memimpin di Kawasan Uni Eropa soal urusan gandum. Prancis mampu menghasilkan gandum hingga mencapai 40.000.000 metrik ton di tahun 2021 silam.demikianlah informasi seputar negara penghasil gandum terbesar di dunia. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sulawei Selatan suah tak asing di telinga masyarakat, pulau ini memiliki banyak tempat wisata yang indah untuk di kunjungi bagi wisatawan,...