Tempat Wisata Paling Unik di Indonesia

 

Indonesia memiliki pesona wisata yang tersebar dari Sabang sampai dengan Merauke. Mulai dari wisata yang bertemakan religi, edukasi, bahari, pegunungan dan berbagai panorama alam lainnya.

Namun, terkadang ada saja orang yang mencari tempat wisata yang tidak biasa. Mereka ingin menemukan tempat yang unik dan menarik. Di Indonesia sendiri banyak sekali tempat wisata unik yang bisa dikunjungi. Apa saja? Tapi sebelum itu kamu juga bisa mengetahui profil dari Kenny austin, aktor muda asal Indonesia. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Kawah Ijen, Jawa Timur

Tempat wisata paling unik di Indonesia pertama adalah Kawah Ijen. Mungkin Anda sudah pernah mendengar kawasan wisata yang berada di Banyuwangi ini.

Lokasi ini dikatakan unik karena menawarkan fenomena alam “api biru” (Blue Fire) yang disebut-sebut hanya ada dua dunia, yaitu di Indonesia dan Islandia.

Namun, jika Anda ingin menyaksikan langsung “api biru” di dalam perut Bumi itu bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, terlebih dahulu Anda harus mendaki Gunung Ijen. Jangan lupa untuk melengkapi diri dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan selama berwisata dan yang paling penting, pastikan tubuh Anda dalam keadaan sehat.

2. Gereja Ayam, Jawa Tengah

Bukit Rhema Gereja Ayam adalah tempat ibadah yang berbentuk menyerupai ayam. Tempat wisata unik ini terletak di tengah hutan Magelang, Jawa Tengah.

Gereja Ayam dibangun pada tahun 1990-an. Pengunjung bisa melihat pemandangan kota Magelang dari ketinggian yang menakjubkan. Tak hanya Gereja, disana juga terdapat sebuah kafe yang letaknya di bagian ekor Gereja Ayam.

3. Batu Lemo Toraja, Sulawesi Selatan

Bila Anda berkesempatan untuk menginjakkan kaki di Tana Toraja, jangan lupa untuk mampir melihat tempat wisata unik ini. Dikatakan unik, karena tempat wisata ini merupakan kuburan atau pemakaman bangsawan Gua Lemo di Desa Sandai Uai, yanga da di Sulawesi Selatan.

Walaupun pemakaman, tempat ini jauh dari kesan seram dan angker. Karena pengunjung bisa melihat deretan boneka kayu yang menyerupai dengan jasad orang yang dimakamkan dengan penataan yang rapi.

4. Pemakaman Trunyan, Bali

Masih dari kawasan pemakaman, tempat wisata unik di Indoensia yang satu ini cukup terkenal, loh. Pemakanan Trunyan berada di Kintamani, Bali. Pemakaman Desa Trunyan dikenal dengan tradisi yang tidak menguburkan jenazah orang yang telah meninggal dunia.

Jasad akan dibiarkan begitu saja, dan hanya ditutupi sangkar sampai nantinya menyatu dengan tanah. Kawasan ini pun tidak berbau. Kok bisa? Karena masyarakat disana sengaja menanam pohon Taru Menyan yang bisa menyerap aroma busuk orang mati.

5. Danau Kakaban, Kalimantan Timur


Bagaimana rasanya bisa berenang bersama ubur-ubur? Jika Anda belum pernah, coba mengunjungi Danau kakaban yang berlokasi di Pulau kakaban, Kalimantan Timur.

Danau Kakaban ini merupakan danau prasejarah zaman peralihan Holosin. Walaupun danau ini dipenuhi ribuan ubur-ubur, jangan merasa khawatir. Sebab ubur-ubur di sini tidak beracun sama sekali.

6. Gunung Kelimutu, NTT


Tempat wisata paling unik di Indonesia berikut ini bernama Gunung Kelimutu. Lokasi ini berada di Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Gunung ini memiliki tiga danau kawah di bagian puncaknya.

Danau kawah tersebut juga mempunyai warna-warna unik dan akan berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Terkadang, air danau juga berwarna hitam, hijau, biru yang diakibatkan oleh faktor air dan juga cuaca.

7. Gua Gong, Jawa Timur

Di Pacitan, Jawa Timur terdapat sebuah tempat wisata unik yang diberi nama dengan Gua Gong. Disebut dengan Gua Gong karena memiliki batuan yang mengisi gua tersebut dan bisa mengeluarkan bunyi seperti suara alat musik gong.

Gua Gong mempunyai banyak stalaktit dan stalagmite di dalamnya yang menyerupai es dengan bentuk runcing yang menggantung.

8. Sumur Raksasa, Donggala

Sumur raksasa ini berada di Donggala, Sulawesi Tengah. Sumur raksasa ini memiliki diameter yang mencapi 10 meter dan memiliki kedalaman hingga 5 meter. Sumur raksasa ini menjadi salah satu objek wisata yang unik dan bisa diandalkan penduduk Kabupatem Donggala.

Masyarakat sekitar mengenal sumur ini dengan Pusentasi. Selain itu, penduduk setempat juga percaya sumur ini bisa mengobati berbagai macam penyakit, maka tak jarang pengunjung ingin sekali berendam dikasawan sumur raksasa ini.

Itu tadi rekomendasi tempat wisata yang unik di Indonesia. Lokasi ini masih jarang sekali disentuh wisatawan. Menarik ya?

Posting Komentar

0 Komentar